Jaragua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta yang menunjukkan lokasi cacicazgo Jaragua

Jaragua adalah sebuah cacicazgo (negeri) suku Taíno yang pernah ada di sisi barat daya Pulau Hispaniola. Negeri ini merupakan salah satu dari lima negeri suku Taíno di pulau tersebut. Jaragua berbatasan dengan negeri Marién di utara, Laut Karibia di selatan, negeri Maguana di timur, dan Selat Jamaika di barat. Jaragua terbentuk dari penyatuan dua cacicazgo, yaitu Zui dan Yáquimo.

Jaragua pernah dipimpin oleh seorang cacique (kepala suku tertinggi) yang bernama Bohechio (Beehechio) pada masa ketika Kristoforus Kolumbus tiba di Hispaniola.[1][2] Setelah kematian Bohechio pada tahun 1500, ia digantikan oleh saudari perempuannya, Anacaona, hingga ia dieksekusi oleh penjajah Spanyol pada tahun 1503.[3]

Negeri ini merupakan cacicazgo terbesar dari antara kelima cacicazgo di Hispaniola. Pusat pemerintahannya terletak di sebuah tempat yang disebut "Guava" (kini Léogâne di Haiti).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Floyd, Troy (1973). The Columbus Dynasty in the Caribbean, 1492-1526. Albuquerque: University of New Mexico Press. hlm. 29,34. 
  2. ^ Parry, John; Keith, Robert (1984). New Iberian World: A Documentary History of the Discovery and Settlement of Latin America to the Early 17th Century, Vol. I. New York: Times Books. hlm. 7. ISBN 9780812910704. 
  3. ^ Las Casas, Bartolome (1552). A Short Account of the Destruction of the Indies.