Jamestown, Virginia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Replika 3 kapal Christopher Newport berlabuh di pelabuhan

Jamestown merupakan permukiman Britania pertama di negara yang di kemudian hari dikenal dengan nama Amerika Serikat. Jamestown terletak di Pulau Jamestown di Koloni Virginia dan didirikan pada tanggal 13 Mei 1607[1]. Permukiman ini didirikan oleh Virginia Company, yang berkantor pusat di London. Jamestown menjadi ibukota koloni selama tahun 1616-1699, yang kemudian dipindahkan ke Williamsburg, yang berjarak sekitar 8 mil (13 km).

Peringatan hari jadi[sunting | sunting sumber]

Hari jadi ke-400[sunting | sunting sumber]

Untuk artikel utama silakan lihat Jamestown 2007

Pads tahun 2007 diadakan perayaan hari jadi ke-400 kota Jamestown. Perayaan ini berlangsung selama 18 bulan di seluruh negara bagian Virginia, berbagai kota di pantai timur AS, dan Inggris.

Perayaan ini dimulai pada tanggal 27 Mei 2006 dengan berlayarnya kapal Godspeed ke berbagai pelabuhan besar di pantai timur Amerika Serikat, kemudian ke London Docklands. Pada November 2006, Ratu Elizabeth II mengumumkan bahwa ia dan suaminya, Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, akan mengunjungi AS dari 3 Mei 2007.

Jamestown dalam fiksi[sunting | sunting sumber]

Sebuah cerita fiksi petualangan romantis dengan setting Jamestown, To Have and to Hold, ditulis pada dasawarsa 1900-an. Novel ini lalu dua kali digubah menjadi film pada tahun 1916 dan 1922.

Sebuah film fitur panjang, The New World (2005), disutradarai oleh Terrence Malick, dan membahasa kolonisasi Jamestown. Meski detail sejarah mengenai pendirian Jamestown sebagian besar bisa dikatakan akurat, film ini terutama menceritakan sebuah gubahan drama mengenai hubungan antara John Smith yang diperankan oleh Colin Farrell dan Pocahontas yang diperankan Q'orianka Kilcher. Film ini juga memerankan John Rolfe, yang dimainkan oleh Christian Bale. Banyak adegan yang disyuting di lokasi di sepanjang Sungai James dan Chickahominy serta di Taman Sejarah Henricus di Chesterfield County, Virginia.

Sebuah film fitur panjang lainnya, First Landing: The Voyage from England to Jamestown (2007), membahas pendaratan para kolonis Inggris pada tahun 1607.[2]


Sebuah versi mengenai pendirian pemukiman Jamestown yang fiktif digambarkan pada film animasi Disney Pocahontas (1995) dan lanjutannya Pocahontas II: Journey to a New World (1998). Ketidakakuratan film-film ini antara lain ialah bahwa lokasi Jamestown digambarkan berada di dekat pegunungan, padahal sebenarnya berada di daerah Tidewater.

Referensi[sunting | sunting sumber]