James N. Rosenau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

James N. Rosenau (25 November 1924 – 9 September 2011) adalah ilmuwan politik dan akademisi hubungan internasional Amerika Serikat. Ia menjabat sebagai presiden International Studies Association sejak tahun 1984 sampai 1985.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ajarannya berfokus pada dinamika politik dunia dan percampuran antara hubungan dalam negeri dan hubungan luar negeri. Ia merupakan penulis berbagai artikel dan lebih dari 35 buku, termasuk Turbulence in World Politics: A Theory of Change and Continuity (Princeton University Press, 1990) dan Along the Domestic-Foreign Frontier: Exploring Governance in a Turbulent World (Cambridge, 1997). Bukunya, Distant Proximities: Dynamics Beyond Globalization, melengkapi seri tiga buku mengenai globalisasi dan diterbitkan oleh Princeton University Press tahun 2003.

Rosenau merupakan salah satu ilmuwan pertama yang menerapkan ilmu kompleksitas, sebuah sistem analisis lintas disiplin ilmu yang bermula dari ilmu keras, pada ilmu politik dan hubungan internasional. Foreign Policy edisi November/Desember 2005 menempatkan Rosenau ke dalam daftar akademisi hubungan internasional paling berpengaruh.

Setelah bekerja di USC Dornsife tahun 1973, Rosenau menjabat sebagai direktur USC School of International of Relations pada tahun 1976 sampai 1979. Ia keluar dari USC Dornsife tahun 1992 dan ditunjuk menjadi dosen hubungan internasional di Universitas George Washington di Washington, D.C. Rosenau kemudian menjadi dosen HI di Elliott School of International Affairs, Universitas George Washington, sampai meninggal dunia tahun 2011. Ia adalah pendukung Partai Demokrat.

Buku terakhirnya, "People Count! The Networked Individual in World Politics" diterbitkan bulan Oktober 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]