James Clavell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
James Clavell
Pekerjaan novelis, penulis skenario, sutradara
Kebangsaan Inggris
Periode menulis 1958–1993

James Clavell, nama asli: Charles Edmund Dumaresq Clavell (lahir di Sydney, 10 Oktober 1924 – meninggal di Swiss, 7 September 1994 pada umur 69 tahun) adalah novelis, penulis skenario, sutradara, veteran Perang Dunia II, dan bekas tahanan perang. Clavell dikenal dengan seri novel Asian Saga (Shogun, Tai-Pan, Gai-Jin, King Rat, Noble House, dan Whirlwind). Sebagian di antaranya telah diangkat menjadi serial televisi. Ia juga menulis skenario film untuk The Great Escape dan To Sir, with Love.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Clavell lahir di Australia sebagai putra Letnan Kolonel Laut Richard Clavell, perwira Angkatan Laut Britania Raya yang dalam penugasan di Australia untuk Angkatan Laut Diraja Australia. Setelah lulus dari sekolah menengah di Portsmouth Grammar School pada tahun 1940, tradisi keluarga menjadi tentara diikutinya dengan memasuki korps Royal Artillery.

Setelah pecah Perang Dunia II, Clavell (16 tahun) diberangkatkan Royal Artillery ke Malaya pada tahun 1940 untuk berperang melawan Jepang. Ia terluka akibat tembakan senapan mesin, dan akhirnya tertangkap. Setelah ditangkap, ia dikirim ke kamp tawanan perang di Jawa, sebelum kemudian dipindahkan ke Penjara Changi di Singapura.

Di dalam tahanan, Clavell dibuat sangat menderita oleh tentara Jepang. Changi sangat terkenal dengan kondisi kehidupan yang buruk, dan menurut pendahuluan novel King Rat yang ditulis Clavell, 90% dari tawanan yang dimasukkan ke Changi, tidak pernah keluar, walaupun angka mortalitas yang sebenarnya masih di bawah 1%.[1] Clavell bersama seluruh batalionnya, menurut kabar berhasil diselamatkan, oleh seorang tawanan perang yang nantinya menjadi model untuk tokoh The King dalam novel King Rat,

Pada tahun 1946, Clavell naik pangkat sebagai kapten, tapi kecelakaan sepeda motor mengakhiri karier militernya. Ia masuk ke Universitas Birmingham, tempatnya bertemu aktris April Stride. Keduanya menikah pada tahun 1951.

Pada 1953, Clavell beserta istri pindah ke Amerika Serikat dan menetap di Hollywood. Clavell menulis film horor fiksi sains The Fly dan film perang Five Gates to Hell. Clavell memenangi Penghargaan Skenario Terbaik untuk film The Great Escape produksi tahun 1963. Ia juga menulis film laris To Sir With Love (1967) yang dibintangi Sidney Poitier.

Pada 1963, James Clavell menjadi warga negara Amerika Serikat melalui naturalisasi.

Ia meninggal dunia pada tahun 1994 akibat stroke sementara menderita kanker di Swiss, sebulan sebelum ulang tahun ke-70.

Berkat kemurahan hati April Clavell, perpustakaan dan arsip di Museum Royal Artillery yang berada di Royal Arsenal diberi nama Perpustakaan dan Arsip James Clavell.[2]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Bibiliografi[sunting | sunting sumber]

The Asian Saga terdiri dari enam novel:

Buku lain

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Total 850 dari 87.000 tawanan perang diketahui meninggal dunia di Changi, walaupun banyak pula yang tewas setelah dipindahkan ke tempat-tempat lain seperti Jalur Kereta Api Maut di Burma. Cf. http://www.awm.gov.au/journal/j33/blackburn.htm.
  2. ^ "The James Clavell Library & Archives". The Royal Artillery Museum. Diakses 2010-03-06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]