James Allen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
James Allen
Lahir 5 November 1966 (umur 47)
Bendera Inggris Inggris
Almamater Lady Margareth Hall
Merchant Taylors’ School Crosby
Pekerjaan Reporter, jurnalis
Tahun aktif 1990-sekarang
Tempat kerja BBC

James Allen (lahir di Inggris, 5 November 1966; umur 47 tahun) adalah seorang jurnalis dan pembawa acara televisi asal Inggris, yang saat ini bekerja untuk stasiun TV ITV. Ia merupakan salah satu komentator tetap Formula 1 sejak musim 1997, balapan terakhirnya ketika ia menjadi komentator F1 adalah di GP Brazil 2008, yang juga merupakan balapan pamungkas bagi ITV sebagai media partner F1 untuk kawasan Inggris, dan kemudian digantikan oleh BBC mulai musim 2009.

Profil[sunting | sunting sumber]

Era 1990-an[sunting | sunting sumber]

Allen merupakan alumnus Merchant Taylors’ School Crosby dan juga merupakan sarjana sastra Inggris dari Lady Margareth Hall, Oxford. Allen pertama kali bekerja di F1 sejak tahun 1990. Ayahnya, Bill, merupakan seorang pembalap di ajang Le Mans pada tahun 1960-an, dan ia juga merupakana salah seorang anggota komisi dari RAC di era 1980-an.

Allen masuk ke F1 tahun 1990 saat bergabung bersama tim Brabham, di sana ia bekerja dengan calon rekannya di ITV yang saat itu masih berprofesi sebagai pembalap, Mark Blundell dan Martin Brundle. Allen lantas menjadi wartawan untuk majalah Autosport dari 1992 sampai 1994, dan ia juga bekerja sampingan sebagai reporter pitlane untuk stasiun TV ESPN, saat Nigel Mansell turun di ajang ChampCar dari tahun 1993 sampai 1995.

Masuk ITV[sunting | sunting sumber]

Ketika ITV berhasil mengalahkan BBC untuk tender hak siar F1 pada 1997, Allen kemudian dipanggil menjadi salah satu komentatornya. Debutnya sebagai komentator F1 di mulai di GP Prancis 2000 saat Murray Walker berhalangan hadir. Kemudian ia kembali berpasangan dengan Martin Brundle di lima balapan awal 2001 saat Murray Walker terkena masalah kesehatan. Ketika Murray memutuskan pension di akhir musim 2001, ITV sempat mengadakan semacam acara pencarian bakat untuk mencari mengganti Murray. Allen akhirnya terpilih dan mulai GP AS 2001 ia menjadi komentator utama ITV bersama Martin Brundle. GP Kanada 2007 merupakan penampilan ke 100 James Allen sebagai komentator F1 di ITV, yang mana suara Allen juga bisa pemirsa Indonesia dengarkan lewat layar Global TV (karena Global TV membeli hak siar F1 dari ITV –dan kini BBC-).

Diluar komentator[sunting | sunting sumber]

Diluar bidang komentator, Allen juga sempat menjadi penulis. Ia menulis tiga buah buku, dua untuk Michael Schumacher, dengan judul Quest for Redemption dan The Edge of Greatness. Satunya lagi adalah saat ia menjadi salah satu bagian tim penulis dari autobiografi Nigel Mansell. Ia juga menjadi koresponden F1 untuk harian Financial Times sejak 1999. Bersama Martin Brundle, Allen kemudian menerima penghargaan sebagai komentator ternetral pada tahun 2009 dari Autosport, dimana penghargaann tersebut ia terima di GP Brazil 2008.

Saat berakhirnya GP Brazil, rumor merebak bahwa ia akan dipanggil oleh pihak BBC untuk mengisi posisi komentator di musim 2009, faktanya ternyata hanya Martin Brundle-lah yang masuk skuat komentator BBC untuk musim 2009. Kini James Allen dan Louise Goodman (yang juga sama-sama tersingkir dari reportase F1) memilih untuk menjadi komentator BTCC (British Touring Car Championship) yang juga disiarkan di stasiun TV ITV.

Allen saat ini sudah menikah dan memiliki dua orang putra bernama Enzo dan Emerson. Nama Enzo sendiri bukan diambil dari Enzo Ferrari, tetapi dari sebuah karakter dalam serial TV, sementara nama Emerson ia ambil dari pembalap legendaries Brazil yang juga juara dunia F1 dua kali, Emerson Fittifaldi. Allen sendiri saat ini tinggal bersama keluarganya di kota London.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]