Jam gajah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jam gajah dalam naskah karya Al-Jazari (1206 M) dari The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices .[1]

Jam gajah adalah model jam air yang ditemukan oleh rekayasawan Islam abad pertengahan Ismail al-Jazari (1136-1206). Desainnya dirinci dalam bukunya, The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices.

Pemameran kemultibudayaan[sunting | sunting sumber]

Setelah menyelesaikan pengembangan dan pembangunan jam gajahnya, Al-Jazari menulis: "Gajah mewakili budaya India dan Afrika, dua naga mewakili budaya Cina, burung phoenix mewakili budaya Persia, karya air mewakili budaya Yunani, dan sorban mewakili budaya. budaya Islam,” mengungkapkan mentalitas multikulturalnya.

Mekanisme[sunting | sunting sumber]

Pembutan ulang jam gajah di Ibn Battuta Mall, Dubai .
Pembuatan ulang di Kasımiye Medrese, Mardin, Turki

Mekanisme waktu didasarkan pada baskom berisi air yang tersembunyi di dalam gajah. Di dalam ember ada mangkuk yang dalam mengambang di air, tetapi dengan lubang kecil di tengahnya. Mangkuk membutuhkan waktu setengah jam untuk mengisi melalui lubang ini. Dalam proses penenggelaman, mangkok menarik seutas tali yang menempel pada mekanisme jungkat-jungkit di menara di atas gajah. Ini melepaskan bola yang jatuh ke mulut seekor ular, menyebabkan ular itu berguling ke depan, yang menarik mangkuk yang cekung keluar dari air melalui tali. Pada saat yang sama, sistem senar menyebabkan sosok di menara mengangkat tangan kiri atau kanan dan pawang (pengendara gajah di depan) memukul genderang. Ini menunjukkan setengah atau jam penuh. Selanjutnya, ujung ular kembali. Siklus kemudian berulang, selama bola tetap berada di reservoir atas untuk memberi daya pada pengosongan mangkuk.

Otomat[sunting | sunting sumber]

Dalam mekanismenya, robot humanoid menyerang simbal dan burung mekanis berkicau, seperti pada jam kukuk selanjutnya.

Passage of temporal hours[sunting | sunting sumber]

Fitur inovatif lain dari jam ini adalah bagaimana ia mencatat berlalunya jam sementara, yang berarti bahwa laju aliran harus diubah setiap hari agar sesuai dengan panjang hari yang tidak merata sepanjang tahun. Untuk mencapai hal ini, jam memiliki dua tangki. Tangki atas terhubung ke mekanisme penunjuk waktu dan bagian bawah terhubung ke pengatur kontrol aliran. Saat fajar menyingsing, keran dibuka dan air mengalir dari tangki atas ke tangki bawah melalui pengatur pelampung yang mempertahankan tekanan konstan di tangki penerima.[2]

Pembuatan ulang masa kini[sunting | sunting sumber]

Beberapa reproduksi modern Jam Gajah telah dibuat oleh organisasi 1001 Inventions. Reproduksi ini ditampilkan sebagai bagian dari pertunjukan sains pendidikan 1001 Inventions yang telah berkeliling dunia sejak tahun 2006. Selama kunjungan ke London Science Museum pada Januari 2010, jurnalis BBC Nick Higham menggambarkan replika Jam Gajah setinggi lima meter yang diproduksi. oleh 1001 Penemuan sebagai "luar biasa".[3][4]

Reproduksi kerja ukuran penuh modern dapat ditemukan sebagai pusat perhatian di Ibn Battuta Mall, sebuah pusat perbelanjaan di Dubai, Uni Emirat Arab. Reproduksi kerja lainnya dapat dilihat di luar Musée d'Horlogerie du Locle, Château des Monts, di Le Locle, Swiss. Yang lain dapat ditemukan di Museum of Sciene and Technology in Islam di King Abdullah University of Science and Technology di Arab Saudi.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Inventions in the Muslim world
  • Dar al-Magana
  • Dar al-Muwaqqit

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ibn al-Razzaz Al-Jazari (ed. 1974), The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices. Translated and annotated by Donald Routledge Hill, Dordrecht/D. Reidel.
  2. ^ Ahmad Y Hassan; Donald Routledge Hill (1986), Islamic Technology: An Illustrated History, Cambridge University Press, hlm. 57–59, ISBN 0-521-26333-6 
  3. ^ "Science Museum exhibition of Muslim heritage". BBC News. 21 January 2010. Diakses tanggal 2 December 2014. 
  4. ^ "1001 Inventions: Discover the Muslim Heritage in Our World". Time Out London. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-22. Diakses tanggal 2 December 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]