Jalur kereta api Kunming–Hai Phong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jembatan Faux Namti (Wujiazhai) di sepanjang Sungai Sicha di wilayah Lembah Nanxi. Lebih dari 800 kuli Cina tewas di sini.[1]

Jalur kereta api Yunnan–Vietnam (Tionghoa: 滇越铁路; pinyin: Dian–Yue tielu; Vietnam: tuyến đường sắt Hải Phòng - Vân Nam綫塘鐵海防-雲南; bahasa Perancis: Chemins de Fer de L'Indo-Chine et du Yunnan, "jalur kereta api Indo-Cina–Yunnan") adalah jalur kereta api sepanjang 855 km yang dibangun oleh Perancis antara tahun 1904 hingga 1910. Jalur ini menghubungkan kota Haiphong, Vietnam, dengan kota Kunming di provinsi Yunnan, Cina. Bagian dari Kunming ke Hekou disebut jalur kereta api Kunming-Hekou (Sederhana: 昆河铁路; pinyin: Kun–He tielu), dan panjangnya kurang lebih 466 km. Jalur di Vietnam panjangnya kurang lebih 389 km, dan dianggap sebagai bagian dari jalur kereta api Hanoi–Lào Cai (Vietnam: Đường sắt Hà Nội - Lào Cai塘鐵河内-老街). Jalur kereta api ini menggunakan gauge 1000 mm karena rutenya bergunung-gunung. Saat ini jalur ini merupakan satu-satunya jalur utama di Tiongkok yang menggunakan metre gauge.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum pembangunan jalur kereta api, waktu yang ditempuh dari Haiphong ke Kunming kurang lebih 28 hari: 16 hari dengan kapal uap dan kemudian dengan kapal kecil ke Manhao (425 mil), dan lalu 12 hari di darat (194 mil).[2]

Jalur kereta api ini dibuka pada tahun 1910. Di bawah tekanan Jepang, Perancis menutup jalur ini pada 16 Juli 1940 untuk menghentikan pemasokan persediaan kepada Cina selama Perang Cina-Jepang Kedua.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nami-Ti Railway Bridge
  2. ^ Whates, H. (1901), The Politician's Handbook, Vacher & Sons, hlm. 146 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Artikel ini memuat teks berbahasa Tionghoa. Tanpa dukungan multibahasa, Anda mungkin akan melihat tanda tanya, tanda kotak, atau karakter lain selain dari karakter yang dimaksud.