Jalan Neokatekumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lukisan Sang Perawan Maria karya Kiko Argüello, pelukis Spanyol yang memprakarsai Jalan Neokatrekumen.

Jalan Neokatekumen, juga dikenal dengan nama Neokatekumen, adalah sebuah organisasi di dalam Gereja Katolik Roma yang dikhususkan untuk pembentukan iman Kristiani orang dewasa. Gerakan ini dimulai di kota Madrid pada tahun 1964 oleh seorang artis dan pemusik Kiko Argüello dan Carmen Hernandez sebagai tanggapan atas Konsili Vatikan Kedua, dan pada tahun 2008 gerakan ini diberikan persetujuan resmi oleh Tahta Suci, menerima status Persona Yuridis Publik di bawah Hukum Kanon, yang menerima kepenuhan dari iman Katolik.[1]

Terinspirasi dari gerakan katekumen dari jawan gereja awal, dimana orang-orang yang berpindah agama dari paganisme menjadi Kristen dipersiapkan untuk menerima pembaptisan, gerakan ini menyediakan pendidikan katekumen pasca-pembaptisan[2] bagi orang-orang dewasa yang telah menjadi anggota Gereja. Sangat berkomitmen pada gerakan "Penginjilan Baru" yang diserukan oleh Paus Yohanes Paulus II, Jalan Neokatekumen juga mengelola 75 seminari misionaris keuskupan di berbagai lokasi mulai dari Roma, Karachi, Sydney hingga Guam, dan bertanggung-jawab atas kehadiran ratusan "Keluarga Misionaris" di berbagai kota di seluruh dunia.

Gerakan Neokatekumen dilakukan di dalam komunitas kecil paroki Katolik berjumlah antara 20-50 orang. Saat ini telah terdapat sekitar 40.000 komunitas ini di seluruh dunia, dengan total jumlah anggota diperkirakan satu juta orang[3].

Anggaran Dasar Jalan Neokatekumen disetujui ad experimentum pada tahun 2002 dan Gereja memberikan persetujuan akhirnya terhadap anggaran dasar tersebut pada tanggal 13 Juni 2008.[4].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ See Statutes
  2. ^ The term post-baptismal catechumenate is also used in the §1231 of the Catechism of the Catholic Church, related to the teaching of the Catechism of the Catholic Church itself, “By its very nature infant Baptism requires a post-baptismal catechumenate.”
  3. ^ Source: Kiko Argüello meets with Benedict XVI (27 May 2007).
  4. ^ Multiple sources report this Zenit, Radio Vaticana and CBC news

Pranala luar[sunting | sunting sumber]