Iyokan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Iyokan
Iyokan
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
C. × iyo

Iyokan (伊予柑 - C. × iyo), juga dikenal sebagai anadomikan (穴門みかん) dan Gokaku no Iyokan,[1] adalah sebuah buah sitrus Jepang, yang penampilannya mirip dengan jeruk mandarin. Buah tersebut adalah buah sitrus paling banyak diproduksi kedua di Jepang setelah satsuma mandarin.

Iyokan ditemukan di Prefektur Yamaguchi pada era Meiji. Pada saat ini, buah tersebut banyak ditanam di Prefektur Ehime. Iyokan mengambil nama dari Prefektur Ehime yang sempat disebut "Iyo-koku" (desa Iyo).[2]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Terdapat sebuah ragam yang dikembangkan dalam bentuk segi lima untuk mempromosikan nasib baik dan meningkatkan ketenaran buah tersebut, yang juga memberikannya julukan lainnya, Gokaku no Iyokan, yang diterjemahkan menjadi 'bau manis dari kesuksesan dalam ujian.'[3][4] Buah tersebut terkadang dicampur dalam makanan ikan untuk menghilangkan rasa amis.[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Japanese farmers create pentagon-shaped oranges". whatsonxiamen.com. 
  2. ^ "Ehime Citrus fruits > Varieties of Ehime Citrus fruits > Iyokan". ehimemikan.asia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-03. Diakses tanggal 2017-09-29. 
  3. ^ "Pentagon Shaped Iyokan Citrus Fruits". Design You Trust. Design, Culture & Society. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-01-22. Diakses tanggal 2017-09-29. 
  4. ^ "Japanese farmers create pentagon-shaped oranges - Daily Mail Online". Mail Online. 
  5. ^ "To tickle the taste buds, try farmed fish raised on local specialties". AJW by The Asahi Shimbun. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-02. Diakses tanggal 2017-09-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]