Ivan Vladimirovich Michurin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ivan Michurin pada tahun-tahun akhir hidupnya.

Ivan Vladimirovich Michurin (bahasa Rusia: Иван Владимирович Мичурин) (lahir 27 Oktober 1855 – meninggal 7 Juni 1935 pada umur 79 tahun) adalah seorang ahli buah-buahan dan pemulia tanaman berkebangsaan Rusia (Uni Soviet). Namanya dihormati sebagai ilmuwan penting di Rusia, meskipun teorinya yang cenderung mengarah pada Lamarckisme kemudian dikembangkan menjadi skandal oleh Lysenko. Biografinya sempat dijadikan suatu film drama dengan memakai namanya sebagai judul, Michurin.

Sumbangsihnya dalam bidang botani dan pertanian adalah dalam melakukan penelitian persilangan tanaman buah, khususnya dalam eksperimen penggandaan genom (poliploidi). Michurin mempelajari aspek pewarisan sifat (hereditas) dalam kaitan dengan ontogeni dan pengaruh lingkungan untuk mendukung konsep "predominans" yang disusunnya. Ia menunjukkan bahwa fenotipe merupakan suatu "predominans" sebagai hasil saling tindak dari faktor keturunan, ontogeni, filogeni yang dibawa oleh sel sejak awal dan juga dari hibrida dan kondisi budidaya (lingkungan). Menurut konsepnya ini, Michurin percaya bahwa genotipe dapat berubah akibat pengaruh lingkungan (eksternal).

Michurin juga merupakan salah satu dari peletak dasar ilmiah seleksi tanaman. Ia melakukan persilangan-persilangan tanaman dari berbagai latar belakang ekologi dan geografi, mencoba berbagai metode budidaya untuk menunjukkan adanya pengaruh ontogeni dan mengarahkan proses "predominans", melakukan seleksi dan evaluasi terhadap tanaman muda, serta mempercepat seleksi dengan bantuan alat fisika dan kimia. Ia dapat melakukan ini karena menyewa lahan seluas sekitar 500 m persegi (kelak menjadi 13 ha).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]