Itagaki Nobukata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Itagaki Nobukata(板垣信方, m. 23 Maret 1548) adalah pelayan keluarga Takeda. Namanya juga nampak dalam kanji yang berbeda sebagai 信形.

Nobukata bertugas di bawah Nobutora Takeda dan Shingen Takeda dan juga ditugaskan dengan Shingen muda.[1] Pada tahun 1541, saat Takeda Nobutora didepak dari jabatan sebagai kepal klan Takeda, bersama dengan Amari Torayasu ia menjabat sebagai jenderal untuk Takeda Shingen yang sering memimpin pasukan ke pertempuran bila tuannya itu tidak bisa. Pada tahun 1545, ia berhasil menaklukkan kastil Takato. Pada tahun 1546, ia mengalahkan Uesugi Norimasa di Usui Toge. Dengan kemenangan itu, ia diperbantukan untuk mendapatkan kendali Provinsi Shinano dan membuktikan diri sebagai taktikus yang cakap. Ia juga merupakan salah satu 24 jenderal Takeda Shingen.

Setelah kemenangan itu, Nobukata mmenjadi bertambah egis dan mulai menyelenggarakan upacara kemenangan tanpa benar-benar memenangkan pertempuran yang menjadi jelas menurun. Menjadi pelayan tertua Takeda dan telah mendidik Shingen, sedikit yang bisa mengkritik tindakannya. Pada tahun 1547, Nobukata dan pasukannya hampir bisa disapu dalam sebuah pertempuran melawan klan Murakami dan tanpa penyelamatan tepat pada waktunya oleh Hara Toratane, Nobukata sendiri dalam bahaya. Shingen menawarkan waka berikutnya pada Nobukata untuk mendorongnya memperbaiki tingkah lakunya.

Dare mo Miyo Mitsureba Yagate Kaku Tsuki no Izayofu Ana ya Hito no Yo no Naka
誰もみよ 満つればやがて 欠く月の 十六夜ふ穴や 人の世の中
(Terjemahan) Tiap orang melihat bahwa meskipun bulan purnama yang indah mulai mengubah warnanya, ia akan mengecil sepanjang waktu berlalu. Dalam kehidupan manusia hal itupun terjadi jua.

Pada tahun 1548 dalam Pertempuran Uedahara, Nobutaka yang dipuaskan dengan sebuah kemenangan meminta pasukannya duduk untuk menyelenggarakan upacara. Pasukan Murakami berkelompok kembali dan menyerang balik dan Nobutaka gugur dalam pertempuran itu bersama dengan Torayasu Amari.[2]

Politikus era Meiji Itagaki Taisuke adalah keturunan langsung Nobukata, 12 generasi ke bawah.

Itagaki dalam fiksi[sunting | sunting sumber]

Dalam drama Taiga 2007 NHK Fūrinkazan, Itagaki diperankan oleh Chiba Shin'ichi.

Catatan[sunting | sunting sumber]