Istana Stirling

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Istana Stirling
Stirling, Skotlandia
Stirlingcastle.jpg
Istana Stirling
Koordinat grid reference NS789940
Dibangun Paling tidak berasal dari abad ke-12, bangunan yang ada kebanyakan dibangun antara tahun 1490 hingga 1600
Pembangun Sebagian besar oleh James IV, James V, dan James VI
Digunakan Masih digunakan hingga kini
Pemilik
saat ini
Historic Scotland
Dibuka
untuk umum
Yes
Komandan
saat ini
James Erskine, Earl Mar ke-14
Komandan Jabatan Earl Mar yang turun temurun
Pertempuran/Perang Pengepungan dan pendudukan selama Perang Kemerdekaan Skotlandia (1296–1357); pengepungan tahun 1651, 1746

Istana Stirling, yang terletak di kota Stirling, adalah salah satu istana terbesar dan terpenting (baik dari segi sejarah maupun arsitektur) di Skotlandia. Istana ini terletak di atas bukit yang merupakan bagian dari formasi geologis Stirling Sill. Istana Stirling dikelilingi oleh tebing yang terjal, sehingga sulit untuk diserang. Sebagian besar bangunan di istana berasal dari abad ke-15 dan ke-16. Beberapa struktur dari abad ke-14 masih ada, sementara pertahanan luar yang menghadap kota berasal dari awal abad ke-18. Beberapa raja dan ratu Skotlandia telah dimahkotai di Stirling, seperti Maria, Ratu Skotlandia, pada tahun 1542.

Paling tidak istana Stirling telah dikepung selama delapan kali. Beberapa berlangsung selama Perang Kemerdekaan Skotlandia, dan yang terakhir pada tahun 1746 oleh Bonnie Prince Charlie (yang tidak berhasil). Kini istana ini merupakan tujuan wisata yang dikelola oleh Historic Scotland.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]