Istana Celle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tampak depan istana yang menghadap ke Altstadt Celle.

Istana Celle (bahasa Jerman: Schloss Celle) adalah sebuah istana yang terletak di kota Celle, Niedersachsen, Jerman. Kota ini merupakan salah satu kediaman Wangsa Braunschweig-Lüneburg. Bangunan bersayap empat ini merupakan yang terbesar di wilayah Lüneburger Heide selatan. Istana ini dilindungi oleh parit.

Kini istana ini difungsikan sebagai museum. Terdapat pula teater yang disebut Schlosstheater Celle. Fortifikasi di sekelilingnya telah diubah menjadi taman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Istana ini pertama kali tercatat dalam sejarah pada tahun 1315. Akibat Perang Pewaris Lüneburg, pada tahun 1378 adipati-adipati Braunschweig-Lüneburg memindahkan kediaman mereka dari Lüneburg ke Celle. Istana ini diperluas oleh Friedrich II dari tahun 1471–1478.

Setelah kematian George Wilhelm pada tahun 1705, kekuasaan absolut para adipati berakhir. Kepangeranan Lüneburg kemudian diserahkan kepada Kerajaan Hannover. Istana ini tidak lagi penting secara politis dan tidak dihuni dalam waktu yang lama. Dari tahun 1772, istana ini diduduki oleh ratu Denmark kelahiran Britania Caroline Matilda, putri dari Frederick Lewis, Pangera Wales, yang dibuang ke Celle karena berselingkuh dengan Johann Friedrich Struensee dari Kopenhagen. Ia tinggal di istana tersebut hingga mati muda pada tahun 1775 akibat skarlatina. Pada abad ke-19, istana ini kadang-kadang digunakan oleh keluarga kerajaan Hannover sebagai kediaman musim panas. Selama Perang Dunia I, istana ini digunakan sebagai tempat penahanan perwira-perwira oleh angkatan bersenjata Jerman.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 52°37′26″LU 10°04′39″BT / 52,62389°LU 10,0775°BT / 52.62389; 10.07750