Isaac Abravanel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Isaac Abrabanel
Lahir 1437
Lisbon, Portugal
Meninggal 1508
Venice, Italy
Tempat peristirahatan Padua
Agama Orthodox Judaism

Ishak ben Yehuda Abrabanel juga biasa disebut Abravanel atau Abarbanel adalah seorang negarawan Yahudi Portugis, filsuf, komentator Alkitab, dan pemodal.[1] Ishak Abravanel mengembangkan banyak karya selama hidupnya yang sering dikategorikan menjadi tiga kelompok: tafsir, filsafat, dan apologetika.[1] Penafsiran mengacu pada komentar Alkitab, filsafat berurusan dengan ilmu-ilmu dan bagaimana bidang umum berkaitan dengan agama Yahudi dan tradisi, dan apologetika membela ide Yahudi tentang kedatangan Mesias.[1] Tulisan tafsir Abravanel berbeda dari tafsiran Alkitab biasa karena ia mengambil isu-isu sosial dan politik yang selalu menjadi pertimbangan.[2] Dia percaya bahwa komentar saja tidak cukup, tetapi bahwa kehidupan sebenarnya dari orang-orang Yahudi harus dibahas ketika membahas topik yang penting dalam Alkitab.[2] Ia juga mengambil waktu untuk menyertakan sebuah pengenalan tentang karakter masing-masing buku yang dikomentari, serta komposisi dan maksud dari penulis asli agar membuat karya lebih mudah diakses pembaca secara umum.[2] Banyak Sarjana Kristen menghargai komentar Abravanel dan sering mereka gunakan ketika mempersiapkan menulis sendiri eksegetis mereka.[2] Hal ini mungkin ada hubungannya dengan keterbukaan Abravanel terhadap agama Kristen, karena ia berhubungan erat dengan ide-ide Mesianik yang ditemukan di dalam Yudaisme.[2] Oleh karena itu, karya Abravanel telah diterjemahkan dan didistribusikan di dalam dunia Kristen.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c (Inggris)Wendy Doniger. 2006. Britannica Encyclopedia of World Religion. London: Encyclopedia Britannica. pg.8.
  2. ^ a b c d e f (Inggris)Mircea Aliade. 1987. The Encyclopedia of Religion. New York: Macmillan Publishing Company. Pg.17-18.