Interahamwe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Interahamwe (Kinyarwanda berarti "orang-orang yang berdiri bersama" atau "orang-orang yang bekerja bersama" atau "orang-orang yang berjuang bersama") adalah sebuah organisasi paramiliter Hutu. Pemberontak ini berdiri selama pemerintahan Hutu yang membawa pada, selama, dan setelah Genosida Rwanda. Sering diklaim dalam media Barat bahwa banyak pembunuhan dilakukan oleh Interahamwe, tapi pemantau didarat menuduh Impuzamugambi.

Organisasi dan sejarah[sunting | sunting sumber]

Militan Hutu
Genosida Rwanda (1994)
Impuzamugambi
Interahamwe
Angkatan Bersenjata Rwanda
Krisis pengungsi
RDR (1995-1996)
Perang Kongo ke-1 dan ke-2
ALiR (1996-2001)
FDLR (2000- )

Robert Kajuga adalah Presiden Interahamwe. Wakil Presiden Interahamwe adalah Georges Rutaganda. Interahamwe dibentuk oleh kelompok pemuda lelaki Hutu yang melakukan Genosida Rwanda terhadap suku Tutsi tahun 1994. Interahamwe membentuk Sistem Radio Genosidal yang digunakan untuk memberitahukan dimana Tutsi bersembunyi.

Setelah penyerangan ibukota Rwanda Kigali oleh Front Patriot Rwanda Tutsi (RPF), banyak warga sipil Rwanda dan anggota Interahamwe dievakuasi ke negara sekitarnya, khususnya Zaire, sekarang Republik Demokratik Kongo dan Tanzania. Sangat mungkin untuk membawa Interahamwe ke pengadilan karena tidak memakai seragam atau memiliki kelompok tergabung atau pengikut. Mereka adalah warga, teman dan pekerja Tutsi. Selama perang, anggota Interahamwe pindah ke kamp pengungsi dan dipindahkan secara internal. Di sana, korban dicampur dengan musuh dan hingga hari ini tidak dapat dibuktikan siapa yang membunuh. Dengan rezim Kagame yang masih berkuasa, anggota masih melakukan serangan perbatasan dari kamp pengungsi.

Selama perang, ratusan ribu pengungsi Hutu Rwanda dibawa ke Zaire (sekarang Republik Demokratik Kongo), bersama dengan anggota Interahamwe lainnya, Penjaga Presiden, dan RGF, secara keseluruhan disebut Rassemblement Démocratique pour le Rwanda (secara kasar, Pengungsi Demokratik Rwanda). Setelah pengumpulan sejumlah Hutu Kongo organisasi ini menggunakan nama Armée de Libération du Rwanda (ALiR).[butuh rujukan]

Asal nama[sunting | sunting sumber]

Nama Interahamwe dapat diterjemahkan sebagai "orang-orang yang bekerja bersama". Interahamwe dapat dipisah menjadi: Intera dari kata gutera, berarti "bekerja". Hamwe berarti "bersama" dan berhubungan dengan kata rimwe yang berarti "satu".

Penutur Inggris sering mengucapkan in-ter-a-ham-we, meskipun kadang-kadang i-nhe-ra-ha-mwe dalam Kinyarwanda. Tetapi, orang Rwanda ketika berbicara bahasa Inggris akan mengucapkannya dalam cara Inggris. Perbedaannya dapat ditemukan dengan mendengar Paul Rusesabagina dalam fitur Return to Rwanda di DVD Hotel Rwanda, dan penerjemah bagi orang selamat dari pembantaian Nyarubuye dalam "Frontline" Ghosts of Rwanda. Di Hotel Rwanda, nama itu salah diucapkan sebagai "Interhamwe" (in-tər-ham-we).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]