Insiden Ramallah 2000

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aziz Salha, salah satu pelaku, mengangkat tangannya yang bersimbah darah korban dari jendela kantor polisi. Salha kemudian ditangkap oleh Israel dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, namun dibebaskan pada 2011 sebagai bagian dari pertukaran tahanan Gilad Shalit.

Insiden Ramallah 2000 adalah sebuah insiden kekerasan pada Oktober 2000 pada permulaan Intifada Kedua dimana kerumunan orang Palestina membunuh dan memutilasi dua orang reservis Pasukan Pertahanan Israel, Vadim Nurzhits (terkadang disebut sebagai Norzhich) dan Yossi Avrahami (atau Yosef Avrahami),[1] yang tak sengaja memasuki kota yang dikontrol Otoritas Palestina Ramallah di Tepi Barat dan dibawa oleh polisi OP ke kantor polisi setempat.

Insiden[sunting | sunting sumber]

Pada 12 Oktober 2000, dua prajurit dan reservis Pasukan Pertahanan Israel[2] yang bertugas sebagai sopir, Vadim Nurzhitz dan Yossi Avrahami, salah masuk pos pengecekan Israel dan memasuki Ramallah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vadim Nurzhitz, bahasa Rusia: Вадим Нуржиц, Ibrani: ואדים נורז'יץ; Yossi Avrahami, Ibrani: יוסי אברהמי
  2. ^ Daniel Dor, Intifada Hits the Headlines: How the Israeli Press Misreported the Outbreak of the Second Palestinian Uprising, Indiana University Press, 2004 pp.123–128.

Templat:Serangan teroris melawan Israel pada 2000an Templat:Konflik Israel-Palestina