Insiden Bandara Pristina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Insiden Bandara Internasional Pristina adalah sebuah konfrontasi antara pasukan Rusia dan pasukan NATO atas Bandara Internasional Pristina terjadi pada 12 Juni 1999, setelah Perang Kosovo. Pasukan Rusia menduduki bandara sebelum pengerahan NATO, mengakibatkan ketegangan, yang diselesaikan secara damai.[1][2]

Insiden Bandara Pristina
Bagian dari Perang Kosovo

Bandara Pristina Tahun 2013
Tanggal12 Juni 1999
LokasiBandar Udara Internasional Pristina, Pristina, Kosovo
Hasil Perjanjian NATO–Russia
Pihak terlibat
 Russia
Didukung oleh :
AFRY

 NATO

Didukung oleh :
 Amerika Serikat
Tokoh dan pemimpin
Yunus-bek Yevkurov
Viktor Zavarzin
Mike Jackson
Kekuatan
206–250 Tentara
35 Kendaraan lapis baja
Sekitar 500 Tentara
Sejumlah Tank dan Helikopter
Korban
Tidak ada

Baru sehari Perang Kosovo diakhiri lewat Perjanjian Kumanovo pada 11 Juni 1999, sebuah insiden di Bandara Internasional Pristina, Kosovo malah memicu Perang Dunia Ketiga. Gara-garanya, Rusia mengirim 30 kendaraan tempur (ranpur) lapis baja dan 250 serdadu pimpinan Mayjen Viktor Zavarzin untuk menduduki bandara itu sebelum kedatangan pasukan perdamaian NATO.

Mendapat kabar bandara diduduki Rusia, Panglima Tertinggi Pasukan NATO asal Amerika Jenderal Wesley Clark pun mengirim pasukan intai gabungan dari unit SAS 22 (Special Air Service 22) Inggris, Brigade Linud ke-5, Brigade Kavaleri ke-4, dan pasukan elit FSK (Forsvarets Spesialkommando) Norwegia. Pasukan itu dipimpin Jenderal Inggris Mike Jackson. Clark yang melihat kubu Rusia jumlahnya lebih sedikit dan tak punya dukungan udara, memerintahkan pengepungan agar pasukan Rusia tak bisa keluar, untuk kemudian dihancurkan. Jackson insyaf bahwa itu sama saja memprovokasi baku tembak. Hasilnya bisa memulai perang baru dengan skala lebih dahsyat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Incident at Pristina airport". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2023-06-17. 
  2. ^ "Alarm Perang Dunia Ketiga". Historia - Majalah Sejarah Populer Pertama di Indonesia. 2020-01-09. Diakses tanggal 2023-07-27.