Industrieverband Fahrzeugbau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo IFA
IFA pada Pekan Raya Leipzig pada tahun 1986

Industrieverband Fahrzeugbau ("Asosiasi Industri untuk Konstruksi Kendaraan"), biasanya disingkat IFA, adalah sebuah konglomerasi dan serikat perusahaan yang memproduksi konstruksi kendaraan di Jerman Timur.

IFA memproduksi sepeda, sepeda motor, kendaraan komersial ringan, mobil, van dan truk berat. Semua produsen kendaraan di Jerman Timur adalah bagian dari IFA, termasuk Barkas, EMW (yang dibuat mobil Wartburg), IWL, MZ, Multicar, Robur, Sachsenring (yang membuat mobil Trabant) dan Simson.

Produksi mobil[sunting | sunting sumber]

Desain mobil IFA didasarkan pada desain pra-perang DKW desain dan dibuat di bekas pabrik Horch di Zwickau. Mobil F8 memiliki mesin dua silinder 684 cc (41,7 cu in), dan mobil F9 memiliki mesin tiga silinder 804 cc (49,1 cu in). tubuh mobil F8 merupakan salinan dari model pra-perang, dan cepat terlihat kuno, tetapi beberapa model memiliki bentuk tubuh yang modern yang diproduksi oleh Baur dari Stuttgart, Jerman Barat. Mobil tiga silinder (F9) tidak masuk ke produksi sebelum perang pecah pada tahun 1939, dan memiliki model yang lebih modern, mirip dengan model mobil buatan DKW Jerman Barat. Lebih dari 26.000 F8 dan 30,000 F9 dibangun. IWL memproduksi truk model W50 dan L60 dan Robur membuat truk ringan dan van.

Lencana IFA tidak dipasang pada mobil buatan dari tahun 1956, dan F8s menjadi Zwickau P70s, dan F9 mendapat perubahan model untuk menjadi Wartburg dan kegiatan produksi ditransfer ke Eisenach.

Kendaraan galeri[sunting | sunting sumber]

Kendaraan roda dua[sunting | sunting sumber]

Mobil[sunting | sunting sumber]

Kendaraan pengangkut & truk[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]