Ilmu rekayasa planet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ilmu rekaysa planet adalah aplikasi teknologi yang betujuan untuk memengaruhi keadaan suatu planet secara global. Tujuan utama dari ilmu teoritis ini adalah untuk menjadikan suatu planet bisa didiami oleh kehidupan. Istilah terbaik dari ilmu rekayasa planet adalah terraform, yang mengubah keadaan suatu planet menjadi seperti mirip bumi. Tipe lain dari ilmu rekayasa planet adalah ecopoiesis, yaitu menjadikan suatu lingkungan tanpa kehidupan suatu ekologi dengan kehidupan. Perubahan iklim bumi saat ini menunjukkan bahwa manusia mampu mengubah keadaan suatu planet (dalam hal ini, iklim bumi) secara global. Hal ini juga menunjukkan bahwa ilmu rekayasa planet bukan fiksi sains belaka.

Terraform[sunting | sunting sumber]

Terraform adalah proses hipotetis untuk memodifikasi keadaan (atmosfer, temperatur, ekologi) suatu planet, satelit alami, dan objek lain untuk menjadi mirip dengan bumi agar bisa didiami oleh manusia.

Geoengineering[sunting | sunting sumber]

Geoengineering adalah aplikasi ilmu rekayasa planet terhadap bumi (geo = bumi). Rencana terbaru mengenai geoengineering telah diajukan untuk menangkal perubahan iklim. Cara yang diajukan adalah dengan melakukan penumbuhan fitoplankton secara besar-besaran dan menggunakan cermin reflektif raksasa untuk mengatur radiasi matahari.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]