Ikan soang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan soang
Sladenia shaefersi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Lophiidae

Genus[1]

Ikan soang adalah sebutan ikan sungut ganda (Lophiiformes) dalam keluarga Lophiidae. Ikan ini ditemukan di samudra yang ada di seluruh dunia. Mereka hidup di dasar lautan berpasir dan berlumpur di landas kontinen dan lereng benua hingga kedalaman lebih dari 1.000 m dibawah permukaan laut.[2] Mereka memiliki kepala yang sangat besar dengan mulut besar yang memiliki gigi panjang, tajam, dan melengkung. Duri pertama sirip punggung berduri telah dimodifikasi sebagai alat pemancing (illicium) yang memiliki umpan seperti bola atau berdaging (esca).

Alat pemancingnya terletak di ujung moncong, yakni tepat di atas mulutnya dan digunakan untuk menarik mangsa. Mereka juga memiliki dua atau tiga duri sirip punggung lainnya yang terletak lebih ke belakang di kepala, dan sirip punggung berduri terpisah dengan satu hingga tiga duri yang terletak lebih ke belakang di tubuh tepat di depan sirip punggung lunak. Pada genusnya yang lebih primitif (Sladenia dan Lophiodes), bukaan insangnya memanjang sebagian di depan pangkal sirip dada yang memanjang. Pada genus turunannya (Lophiomus dan Lophius) dan semua ikan sungut ganda lainnya, bukaan insangnya tidak memanjang di depan dasar sirip dada. Ukuran panjangnya dapat melebihi 1,5 m.[3]

Beberapa spesies dalam genus Lophius (ikan biarawan) merupakan ikan komersial yang penting. Hati Ikan monk yang dikenal sebagai ankimo, dianggap sebagai makanan lezat di Jepang.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pietsch, Theodore W; Giorgio Carnevale,. "A New Genus and Species of Anglerfish (Teleostei: Lophiiformes: Lophiidae) from the Eocene of Monte Bolca, Italy."". Copeia. American Society of Ichthyologists and Herpetologists via HighBeam Research (subscription required). March 14, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 11, 2014. Diakses tanggal 3 May 2012. 
  2. ^ Froese, Rainer, and Daniel Pauly, eds. (2006). "Lophiidae" in FishBase. February 2006 version.
  3. ^ Bertelsen, E.; Pietsch, T.W. (1998). Paxton, J.R.; Eschmeyer, W.N., ed. Encyclopedia of Fishes. San Diego: Academic Press. hlm. 138. ISBN 0-12-547665-5. 
  4. ^ John H. Caruso (2005). "Lophiidae". Tree of Life web project. Diakses tanggal 4 April 2006.