Ihmiselon ihanuus ja kurjuus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ihmiselon ihanuus ja kurjuus
SutradaraMatti Kassila
ProduserPäivi Hartzell
Matti Ollila
Ditulis olehMatti Kassila (skenario)
F.E. Sillanpää (novel)
PemeranLasse Pöysti
Liisamaija Laaksonen
Tuula Nyman
Antti Litja
Johanna Kerttula
Nina Sallinen
Jarmo Perälä
Antti Vierikko
Jasper Pääkkönen
Nina Jääskeläinen
Penata musikJukka Linkola
SinematograferKari Sohlberg
PenyuntingIrma Taina
Perusahaan
produksi
DistributorFinnkino
Tanggal rilis
Finlandia 16 Desember 1988
Durasi96 menit
NegaraFinlandia Finlandia
BahasaFinlandia

Ihmiselon ihanuus ja kurjuus (Indonesia: Keindahan dan penderitaan di hidup manusia), juga dikenal sebagai The Glory and Misery of Human Life dalam judul berbahasa Inggris, adalah sebuah film drama Finlandia tahun 1988 yang berdasarkan novel di nama sama karya pengarang Frans Eemil Sillanpää. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Matti Kassila. Film ini dikenal untuk pemeran-pemerannya yang merupakan aktor-aktor bintang Finlandia: Lasse Pöysti, Liisamaija Laaksonen, Tuula Nyman, Antti Litja, Johanna Kerttula, Nina Sallinen, dan masih banyak lagi.

Konsep film ini telah menjadi pengaruh yang penting bagi film-film lainnya setelah itu. Ihmiselon ihanuus ja kurjuus memenangkan untuk kategori Aktris Terbaik (Liisamaija Laaksonen), Musik Film Terbaik (Jukka Linkola), Desain Produksi Terbaik (Ensio Suominen), dan Aktris Pendukung Terbaik (Tarja Keinänen) di Penghargaan Jussi tahun 1989. Hal ini juga memenangkan dalam Festival Film Nordik Rouen tahun 1989.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dua kekasih muda, Anna dan Martti, dibagi terpisah namun disatukan bertahun-tahun kemudian, ketika hidup mereka telah berubah. Anna adalah janda perang, penulis Martti, menikah dan memiliki lima anak.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]