Identitas gender di Thailand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Di Thailand, terdapat berbagai jenis identitas dan peran gender dan penanda maskulinitas dan femininitas yang berbeda-beda.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Kata gender jika ditinjau secara terminologis merupakan kata serapan yang diambil dari bahasa Inggris. Kata Gender berasal dari bahasa Inggris berarti “jenis kelamin”. Hal ini dijelaskan dalam Webster’s New World Dictionary, gender diartikan sebagai perbedaan yang tampak antara laki-laki dan perempuan dilihat dari segi nilai dan tingkah laku. sedangkan dalam Women’s Studies Encyclopedia dijelaskan bahwa gender adalah suatu konsep kultural yang berupaya membuat pembedaan (distinction) dalam hal peran, perilaku, mentalitas, dan karakteristik emosional antara laki-laki dan perempuan yang berkembang dalam masyarakat .

Thailand adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang memiliki keanekaragaman budaya yang khas. Dalam istilah dan bahasa sehari-hari, Thailand mengenal beberapa istilah untuk membedakan orang menurut identitas gendernya. Beberapa istilah tersebut, diantaranya adalah:

  1. Laki-laki
  2. Perempuan
  3. Tom-Dee
  4. Kathoey
  5. Cherry
  6. Samyaan
  7. Boat
  8. Angee