Ida Dayak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ida Dayak (lahir 3 Juli 1972) adalah seseorang yang dikenal atas kemampuannya yang bisa menyembuhkan[1] penyakit dari seseorang yang menderitanya.[2]

Ida Dayak
LahirIda Andriani
03 Juli 1972 (umur 51)
Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat [3]
Tempat tinggalKabupaten Paser, Cibinong, Bogor (menurut KTP)
Dikenal atasWanita Sakti, Menyembuhkan penyakit dengan pengobatan alternatif

Dikenal atas[sunting | sunting sumber]

Menyembuhkan Penyakit[sunting | sunting sumber]

Namanya dikenal karena kerap membantu menyembuhkan orang sakit. Mulanya ia membantu orang-orang di pasar dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Dosen Prodi Pengobatan Tradisional Universitas Airlangga Maya Septriana mengatakan bahwa apa yang dilakukan Ida Dayak mengandung dua hal yang beririsan, yakni teknik pijat dan penggunaan minyak herbal. Ida Dayak juga bisa mengobati penyakit strok, tulang bengkok, hingga tuna wicara.

Bahkan, proses penyembuhan ini hanya berlangsung dalam hitungan menit. Dalam salah satu videonya, Ida bahkan hanya membutuhkan 7 menit untuk menyembuhkan penyakit.[4]

Bahkan wanita usia 51 tahun ini mengaku pernah keliling dari Sumatra hingga Papua untuk membantu memberikan pengobatan.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Kemacetan[sunting | sunting sumber]

Kemampuan yang dimiliki Ibu Ida Dayak ini, kemudian menarik banyak orang.

Pada 3 April 2023, ia sempat menggelar pengobatan alternatif di GOR Divif 1 Kostrad, Jalan Raya BogorJakarta Km 39 Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Pengobatan yang berlangsung hingga Selasa 4 April itu dikunjungi banyak orang hingga menimbulkan kemacetan di Cilodong.

Meski begitu, ia tetap tidak memungut biaya sedikit pun. Ia hanya menjual minyak buatannya sendiri dengan harga Rp50.000 per botol.

Penipuan[sunting | sunting sumber]

Sosok Ida Dayak yang menjadi pembicaraan publik dipercaya menyembuhkan penyakit lewat pengobatannya. Namun, viralnya Ida Dayak inilah yang dimanfaatkan oleh oknum dengan modus penipuan menyebarkan informasi pengobatan di daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Kasus yang sama pernah terjadi di Bengkulu. Informasi yang beredar dan mengabarkan Ida Dayak akan ke Bengkulu dari tanggal 17 April hingga 20 April 2023.

Dan, terbukti semua itu akhirnya dipastikan bohong.

Berita bohong dan viralnya Ida Dayak[sunting | sunting sumber]

Klaim yang mengatakan bahwa Ida Dayak mendapatkan emas dan kondominium dari raja Arab karena telah menyembuhkan pangeran Arab adalah tidak benar. Dilansir dari turnbackhoax.id, tidak ditemukan pernyataan resmi yang mengabarkan bahwa Ida Dayak mendapatkan hadiah dan juga menyembuhkan Pangeran dari komanya. Hingga saat ini, diketahui bahwa kondisi Pangeran Al-Walid masih dalam keadaan koma dan hidup dengan bantuan alat medis.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mengenal Ibu Ida Dayak dan Profil Lengkapnya". Pikiran Rakyat. Diakses tanggal 2023-05-22. 
  2. ^ "Profil Ida Dayak, Dikenal Bisa Menyembuhkan Penyakit!". www.orami.co.id. 2023-04-10. Diakses tanggal 2023-04-28. 
  3. ^ "Profil Ida Dayak, Dikenal Bisa Menyembuhkan Penyakit!". www.orami.co.id. 2023-04-10. Diakses tanggal 2023-04-28. 
  4. ^ Yulianti, Cicin. "Pengobatan Ida Dayak, Pakar Unair: Kemampuannya di Luar Batas Kami". detikedu. Diakses tanggal 2023-04-28. 
  5. ^ Liputan6.com (2023-04-10). "Cek Fakta: Hoaks Kabar Ida Dayak Sembuhkan Pangeran Arab Saudi yang 17 Tahun Koma". liputan6.com. Diakses tanggal 2023-04-28.