Ichiro Suzuki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ichiro Suzuki
Catatan medali
Mewakili  Jepang
Bisbol Putra
World Baseball Classic
Emas 2006 San Diego Tim
Emas 2009 Los Angeles Tim

Ichiro Suzuki (鈴木 一朗 Suzuki Ichirō?) atau cukup disebut Ichiro (イチロー Ichirō?) lahir di Kasugai, Nishikasugai, Prefektur Aichi, Jepang, 22 Oktober 1973; umur 41 tahun adalah pebisbol Jepang yang bermain untuk Seattle Mariners sebagai outfielder. Ichiro telah mencetak sejumlah rekor baru dalam batting, termasuk 262 pukulan bis dalam satu musim kompetisi. Ia telah mencetak rekor 200 kali pukulan dalam 9 musim berturut-turut, dan sekaligus mencatat rekor sebagai pemain yang mampu bertahan memukul dalam musim kompetisi bisbol secara berturut-turut, memecahkan rekor yang dipegang Wee Willie Keeler. Pebisbol Pete Rose memegang rekor 200 kali pukulan namun dalam 10 musim kompetisi yang tidak berurutan.

Ichiro pindah ke Amerika Serikat pada tahun 2001 setelah bermain selama sembilan tahun untuk Orix Blue Wave di Liga Pasifik Jepang. Berdasarkan sistem posting, Ichiro dikirim oleh Orix setelah musim kompetisi 2000 untuk menjadi right fielder di Seattle Mariners. Sebagai pebisbol kedua asal Jepang yang diturunkan dalam pertandingan sehari-hari di liga mayor Amerika Serikat,[1] Ichiro memimpin rekor dalam pukulan rata-rata di Liga Amerika dan pemain yang memiliki catatan mencuri bis terbanyak sebelum memenangi penghargaan Rookie of the Year dan MVP.

Ichiro adalah pebisbol MLB pertama yang diabadikan di Japanese Baseball Hall of Fame (Klub Pemain Emas). Ia telah 9 kali bermain untuk tim bisbol All-Star atas pilihan penggemar, dan memenangi Penghargaan All-Star MVP 2007 untuk 3 kali pukulan, termasuk di antaranya home run dalam lapangan yang pertama kali dalam sejarah pertandingan bisbol All-Star. Ichiro juga telah memenangi penghargaan Sarung Tangan Emas untuk setiap tahunnya berkarier di liga mayor, dan telah mencatatkan 6 kali hitting streak dalam 20 kali pertandingan atau lebih, dengan rekor terbanyak memukul sebanyak 27 kali pertandingan.

Tony Attanasio, manajer Ichiro mengatakan bahwa semua orang mengenal Ichiro, "Kalau Anda mengirim sesuatu kepada Ichiro dari Amerika, Anda cukup menulis namanya saja [tanpa alamat], dan kiriman tersebut pasti disampaikan kepadanya [di Jepang]. Dia begitu terkenal."[2] Nama panggilannya di Amerika Serikat adalah "The Silent Samurai" (Sang Samurai Pendiam).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Video di MLB.com, ketika Ichiro mengalahkan rekor hits terbanyak dalam satu musim