Ice Age: Dawn of the Dinosaurs

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ice Age: Dawn of the Dinosaurs
Ice age dawn of the dinosaurs theatrical poster.jpg
Poster layar lebar
Sutradara Carlos Saldanha
Produser Lori Forte
John Donkin
Penulis Michael Berg
Peter Ackerman
Yoni Brenner
Pemeran Ray Romano
Queen Latifah
Denis Leary
John Leguizamo
Seann William Scott
Josh Peck
Simon Pegg
Chris Wedge
Musik John Powell
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis Bendera Amerika Serikat 1 Juli 2009
Bendera Singapura
Bendera Australia 4 Juli 2009
Durasi 94 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran US$90 juta
Didahului oleh Ice Age: The Meltdown (2006)
Diikuti oleh Ice Age: Continental Drift (2012)

Ice Age: Dawn of the Dinosaurs adalah sebuah film animasi CGI yag dibuat oleh Blue Sky Studios dan dirilis oleh 20th Century Fox pada tahun 2009. Film ini merupakan sekuel dari film Ice Age dan Ice Age: The Meltdown produksi tahun 2002 dan 2006. Film ini disutradarai oleh Carlos Saldanha. Ray Romano, Queen Latifah, Seann William Scott, Josh Peck, Simon Pegg, dan Chris Wedge berperan dalam pengisian suara di film ini.

Sinopsis

Ellie (Queen Latifah) dan Manny (Ray Romano) sedang menunggu kelahiran anak pertama mereka, dan Manny membuat hidup yang terobsesi dengan sempurna dan aman untuk keluarga, karena pengalaman pertama sebagai seorang suami dan ayah menjadi buruk ketika keluarganya dibunuh oleh pemburu. Pada saat yang sama, Diego (Denis Leary) tidak mampu menangkap seekor kijang sombong (Bill Hader) ia telah memburu dan memutuskan untuk meninggalkan kawanan, percaya bahwa ia kehilangan predator alam sebagai harimau. Sid (John Leguizamo) iri pada Manny dan Ellie dan "mengadopsi" tiga telur yang dia temukan di dalam gua bawah tanah yang dingin dan memanggil mereka Eggbert, Shelly, dan Yoko. Manny memberitahu dia untuk mengembalikannya, tapi Sid tidak mau melakukannya dan dari telur itu muncullah dinosaurus.

Meskipun Sid mencoba sebaik-baiknya untuk meningkatkan tiga dinosaurus, perilaku kasar mereka tidak pergi dan melukai semua binatang lain yang masih muda dan meruntuhkan taman bermain Manny dan Ellie yang dibangun untuk bayi. Seorang perempuan Tyrannosaurus, Momma, yang dicuri telurnya oleh Sid, segera kembali dan membawa Sid dan anak-anaknya ke bawah tanah, dengan Diego dalam pengejaran. Manny, Ellie, Crash, dan Eddie (Seann William Scott, Josh Peck) juga mengikuti dan menemukan bahwa es gua mengarah ke hutan besar yang dihuni oleh dinosaurus yang punah. Di sini, sebuah Ankylosaurus mengancam mereka dan Diego; mereka diselamatkan dari kerumunan reptil lagi oleh musang bermata satu bernama Buckminster, atau Buck (Simon Pegg).

Buck telah tinggal di hutan ini selama beberapa waktu dan mengejar Rudy, Baryonyx albino yang besar, dengan maksud membalas kehilangan mata kirinya di tangan Rudy. Dia setuju untuk memimpin kawanan melalui hutan itu bahaya ke Air Terjun Lava, di mana Momma, Sid dan bayi-bayinya. Pada satu titik, mereka harus menyeberangi "jurang maut" yang penuh dengan asap gas (campuran helium dan gas ketawa, sehingga siapa pun yang bernapas di dalamnya akan tertawa tak terkendali ketika berbicara dalam sebuah suara bernada tinggi). Sementara itu, Sid dan Mama mencoba untuk mengalahkan satu sama lain dalam memberi makan keturunannya, ia kalah kontes ini, tapi dia segera diterima ke dalam keluarga mereka. Keesokan harinya, bagaimanapun, Sid terpisah dari keluarga dan diserang oleh Rudy. Sid bertahan di lempengan batu yang lepas yang mengambang di sungai lava dan akan menurun di atas air terjun.

Ketika kawanan bergerak menuju Air terjun Lava, Ellie mulai melahirkan dan tanpa sengaja menyebabkan longsoran batu yang memisahkan dirinya dari Manny, Buck, Crash, Eddie, dan Diego. Manny melindungi dari tempat penyerang keluar dan Diego melindungi dari tempat Ellie, sementara Buck mengambil Crash dan Eddie untuk menyelamatkan Sid. Sama seperti ia berjalan di atas air terjun, ketiganya dengan mengendarai Pteranodon dan dikejar-kejar oleh kawanan Quetzalcoatlus di tengah jalan dan menyelamatkan hidupnya. Manny mencapai Ellie, dan tiba-tiba ada reaksi, teriakan bayi yang baru lahir, kemudian ia melihat bahwa itu adalah seorang gadis. Dia ingin menamainya Ellie, atau Little Ellie, tapi yang dipilih adalah Ellie Persik-nya setelah buah (dan kode yang mereka pilih jika Ellie mau melahirkan selama perjalanan). Sid menyerah kepada kenyataan bahwa dia tidak pernah punya kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada anak-anak"nya" saat ia kembali ke kawanan dan belajar dari kelahiran Persik.

Ketika mereka kembali ke terowongan, mereka terkejut melihat Rudy ada di pintu masuk. Rudy keluar dari terowongan dan menyerang dengan kekuatan penuh; Buck mengumpan Rudy agar menjauh dari kelompok dan hampir dimakan, sebelum Diego menyelamatkan dia pada detik terakhir. Manny, Sid, Diego, dan Buck mengatur rencana untuk menjerat Rudy dan membuat dia tidak sadar, tetapi ketika mereka mulai pergi, Sid tersandung salah satu tali dan tali itu terpotong. Rudy langsung pulih dan lolos, dan akan menyerang Sid ketika Mama tiba di tempat kejadian, mendorong Rudy dan menjatuhkannya dari tebing sebelum kemenangannya. Ketika dia dan anak-anaknya berharap Sid baik, Buck - sekarang tanpa tujuan dalam hidup, karena Rudy sudah pergi - memutuskan untuk bergabung dengan kawanan dan hidup di permukaan. Namun, sebuah raungan mengatakan kepadanya bahwa Rudy masih hidup, ia berubah pikiran dan mengirimkan kawanan ke rumah, menghalangi dari jalan ke bawah tanah hutan pada saat yang sama sehingga tidak ada orang lain dapat pergi ke sana. Manny dan Ellie memberi Persik selamat datang ke dalam dunia beku dan mengakui bahwa Sid melakukan pekerjaan yang baik mengurus anak-anak Momma (meskipun Manny dan Diego mengatakan bahwa dia tidak akan pernah membiarkan Sid menjaga Persik). Diego memutuskan untuk tetap dengan kawanan, sementara Buck tinggal di mana dia ingin menjadi: bawah tanah, berjuang menghadapi Rudy.

Keuntungan

Sampai saat ini film ini sudah mengantongi keuntungan sebanyak 875 Juta Dollar, menempatkannya pada posisi ke 16 daftar film dengan keuntungan terbesar sepanjang masa, peringkat kedua film terlaris tahun 2009 (setelah Harry Potter and the Half-Blood Prince, dan juga berhasil menjadi film animasi kedua yang keuntungannya paling besar (setelah Shrek 2 serta berhasil menggulingkan posisi Finding Nemo yang sebelumnya menduduki posisi kedua, dengan keuntungan 864 Juta Dollar AS.[1]

Referensi

Pranala luar