I Know What You Did Last Summer (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
I Know What You Did Last Summer
I Know What You Did Last Summer.jpg
Sutradara Jim Gillespie
Produser William S. Beasley
Neal H. Mortiz
Stokely Chaffin
Penulis Kevin Williamson
Pemeran Jennifer Love Hewitt
Sarah Michelle Gellar
Ryan Phillippe
Freddie Prinze, Jr.
Musik John Debney
Distributor Columbia Pictures
Mandalay Pictures
Tanggal rilis 17 Oktober 1997
Durasi 100 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $17,000,000
Pendapatan kotor $125,500,000
Diikuti oleh I Still Know What You Did Last Summer

I Know What You Did Last Summer adalah film horor/slasher tahun 1997 yang dibintangi Jennifer Love Hewitt, Sarah Michelle Gellar, Ryan Phillippe dan Freddie Prinze Jr.. Skenarionya ditulis oleh Kevin Williamson, penulis film Scream berdasarkan novel yang berjudul sama oleh Lois Duncan. Film ini diikuti oleh dua sekuel, I Still Know What You Did Last Summer dan I'll Always Know What You Did Last Summer. Film terakhir tidak menggunakan satupun pemain dari dua film sebelumnya.

Film ini mendapatkan kritikan beragam dari kritikus. Namun, filmnya sangat sukses, mendapatkan $125,500,000 di box office.[1] Film ini juga dinominasikan dan memenangkan banyak penghargaan dan karena judulnya yang menarik dan mudah diingat, film ini banyak diparodikan dan direferensikan dalam banyak media.[2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada sebuah malam musim panas di kelulusan SMU, Julie, Helen, Barry, dan Ray pergi keluar kota untuk merayakannya. Sekembalinya ke mobil baru Barry, mereka menciptakan 'pesta kecil' yang mengakibatkan mereka menabrak dan membunuh seorang lelaki. Mereka membuang mayat itu ke laut dan setuju untuk tidak pernah mendiskusikannya lagi.

Satu tahun kemudian, Julie kembali ke rumah setelah pulang dari kampus. Sejak kecelakaan itu, Julie tidak pernah berbicara dengan Helen, Barry, ataupun Ray. Dirumah, Julie mendapatkan surat yang bertuliskan "I KNOW WHAT YOU DID LAST SUMMER!" ("Aku tahu apa yang kau lakukan musim panas lalu!"). Dalam kepanikannya, Julie pergi menemui adik Helen, Elsa, yang mengatakan kepada Julie kalau Helen sedang beerja. Julie pergi ketempat Helen dan menunjukkan surat, lalu memutuskan bersama untuk mengunjungi Barry. Barry menduga yang melakukannya adalah Max, satu-satunya saksi atas kecelakaan yang dilakukan mereka. Barry, Julie, dan Helen pergi ke tempat Max dan Barry segera mengancamnya tentang segala hal yang akan ia perbuat apabila orang lain tahu. Max bersumpah. Julie menemui Ray di pelabuhan, sedang bekerja. Ray berusaha kembali dengan Julie tapi Julie malah berlari. Didalam pabrik, Max dibunuh dengan seseorang yang menggunakan kait besar ditangannya. Lalu pembunuh menyerang Barry, dan nyaris membunuh Barry. Pembunuh itu menyembunyikan identitasnya dengan mengenakan jas hujan hitam panjang dan mengenakan kait di salah satu tangannya.

Julie tiba di rumah sakit untuk menjenguk Barry dan menemukan Helen dan Ray ada disana. Julie kemudian tahu bahwa lelaki yang mereka tabrak bernama David Eagen. Helen dan Julie mencari adiknya, Missy, ke rumahnya, yang ternyata hidup sendiri sejak kakaknya meninggal. Missy tidak terlalu memerhatikan mereka dan Julie meyakinkannya bahwa dia dan Helen tidak bersalah. Missy mengatakan pada Helen dan Julie kalau ia pernah dikunjungi oleh teman David yang bernama Billy Blue.

Saat dirumah Helen, pembunuh masuk ke rumahnya dan bersembunyi di lemari. Keesokan paginya, Helen terbangun dengan mendapati rambutnya dicukur secara kasar dan ada tulisan "SOON" ("segera") yang ditulis dengan lipstik di cermin. Julie mendapatkan telepon dari Barry dan menyuruhnya untuk segera pergi ke rumah Helen. Dijalan, Julie mendengar suara aneh di bagasinya. Ia membukanya dan menemukan mayat Max. Segeralah Julie ke tempat Helen dan menyuruh Barry dan Helen ke mobilnya dan ternyata mayat Max sudah menghilang. Kemudian mereka pergi ke tempat Ray. Ray berkata bahwa dirinya mendapatkan sebuah surat. Julie memutuskan untuk pergi ke Missy lafi saat Helen dan Barry mengawasi satu sama lain disebuah parade. Julie mencoba untuk meyakinkan David bahwa ia tidak bunuh diri setelah Missy menunjukkan sebuah surat wasiat yang ditulis dengan cara yang sama seperti yang ditulis pembunuhnya. Kemudian Julie disuruh pergi oleh Missy.

Saat kontes kecantikan Croaker, Helen melihat Barry dibunuh oleh pembunuhnya. Namun, tidak ada mayat Barry, pembunuh, maupun satu petunjuk. Seorang polisi mengantar Helen ke rumah dan setelah mengantar, polisi itu dibunuh. Helen mengetahuinya dan lari ke tokonya dimana Elsa sedang bekerja, tetapi pembunuhnya menemukan dan membunuh mereka. Julie lalu tahu kalau pembunuhnya adalah Ben Willis, seorang nelayan. David Eagen dan putri Ben, Susie, terkena kecelakaan didekat tempat kecelakaan yang terjadi atas keempat remaja ini, Susie meninggal sementara David tidak apa-apa. Ben kemudian membunuh David ditempat kecelakaan setahun kemudian dan membuatnya seperti bunuh diri. Saat ia berjalan, ia ditabrak Julie, Helen, Barry, dan Ray.

Julie pergi menemui Ray dikapal Ray dan menceritakan kejadian sebenarnya namun Ray tidak percaya. Julie sadar bahwa nama kapal Ray adalah "Billy Blue" dan mencurigainya langsung sebagai pembunuh. Ray mengejar Julie tapi dipukul hingga pingsan oleh seorang pria yang menyuruh Julie untuk segera pergi ke kapalnya. Setelah Julie melakukannya, barulah ia sadar kalau pria itu adalah Ben Willia. Dia dikejar dikapal dan Ray yang mulai sadar, segera mengambil sebuah kapal untuk menyelamatkan Julie. Diruang es (yang digunakan untuk membekukan ikan yang baru didapat) Julie menemukan mayat Helen dan Barry. Ray pergi memanjat ke kapal Ben dan menyelamatkan Julie. Ben yang berusaha membunuh, berhasi diikat tangannya oleh Ray di tali di tiang kapal. Lalu, saat Ray ingin membunuhnya, tali itu lepas dan tangan Ben terpotong, lalu dirinya tercebur di lautan. Sampai didaratan, Ray mengatakan alassan kenapa dia pergi ke Missy karena dia merasa bersalah dan tahu duluan siapa yang mereka tabrak. Ray dan Julie berpelukan dan tubuh Ben, tidak pernah ditemukan.

Setahun kemudian, Julie kini sudah dalam tahun keduanya dan akan pergi ke New York dengan Ray. Ia lalu pergi ke kamar mandi yang dipenuhi uap air panas. Ia melihat di pintu shower kaca yang mengembun, ada tulisan "I STILL KNOW" dan sebelum Julie sadar, Ben melompat dan menyerang Julie.

Alternate ending[sunting | sunting sumber]

Aslinya, film ini mempunyai akir yang berbeda dimana di sebuah siang di kamar, Julie sedang chating dengan Ray menggunakan laptopnya disamping jendela. Kemudian teman sekamar Julie memberikan amplop putih yang ditujukan untuknya dengan spidol hitam, seperti surat dari Ben Willis. Dia membukanya dan ternyata itu adalah undangan pesta renang. Kemudian, seseorang yang tidak ia ketahui memulai chat dengan Julie dengan tulisan 'I Still Know' kepadanya dan nelayan itu melompat ke jendela dan menyerang Julie. Ending ini digunakan untuk teaser trailer sekuelnya.[3]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sebelum produksi film Scream, Kevin Williamson telah disewa untuk mengerjakan skrip ini. Tetapi skenario belum dilanjutkan karena Williamson lebih bersemangat di proyek Scream. Setelah Scream sukses, maka Williamson disewa lagi dan mengusung namanya sebagai promosi film ini.

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapatkan sambutan beragam dari para kritikus. Dalam situs himpunan review di Rotten Tomatoes, komentar positif yang diberikan sejumlah 38%.[4] Dalam review lain, situs Metacritic memberikan film ini skor rata-rata 52 dari 100. Kritikus Roger Ebert menulis di reviewnya, "The best shot in this film is the first one. Not a good sign."[5]

Jennifer Love Hewitt dipuji atas pertunjukan memainkan karakter Julie James dan menyatakan bahwa dia (Hewitt) tahu bagaimana berteriak dengan seluruh jiwa.[6]

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Hasil
1997 ASCAP Award Top Box Office Films, John Debney JMenang
1998 Saturn Award Best Horror Film Nominasi
1998 Blockbuster Entertainment Award Favorite Female Newcomer, Favorite Actress, Jennifer Love Hewitt Menang
1998 Favorite Supporting Actress – Horror, Sarah Michelle Gellar Menang
1998 Favorite Actor – Horror, Freddie Prinze Jr. Nominasi
1998 Favorite Actress – Horror, Jennifer Love Hewitt Nominasi
1998 Favorite Supporting Actor, Ryan Phillippe Nominasi
1998 IHG Award Best Movie Nominasi
1998 MTV Movie Awards Best Breakthrough Performance, Sarah Michelle Gellar Nominasi
1998 Young Artist Award Best Performance in a Feature Film – Leading Young Actress, Jennifer Love Hewitt Nominasi

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]