ISTP

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

ISTP (Introvert, Sensing, Thinking, Persepsi) adalah singkatan yang digunakan dalam publikasi Indikator Tipe Myers-Briggs (MBTI) untuk merujuk ke salah satu dari enam belas tipe kepribadian.[1] Penilaian MBTI dikembangkan dari karya psikiater terkemuka Carl G. Jung dalam bukunya yang berjudul Jenis Psikologis. Jung mengusulkan tipologi psikologis berdasarkan teori fungsi kognitif yang ia kembangkan melalui pengamatan klinis.

Dari hasil kerja Jung, orang lain dapat mengembangkan tipologi psikologis. Penilaian kepribadian versi Jung meliputi penilaian MBTI, yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Cook Briggs, dan Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan lagi oleh David Keirsey. Keirsey menyebut ISTP sebagai Perajin, salah satu dari empat jenis temperamen yang dia disebut sebagai Artisan. Menurut Center for Applications of Psychological Type, 4-6% dari populasi Amerika Serikat adalah ISTP.[2]

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

ISTP dikenal logis, analitis, spontan, pendiam, mandiri, menyukai petualangan, dan mengerti bagaimana mesin-mesin bekerja.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Tokoh terkenal dengan kepribadian ISTP adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Myers-Briggs Foundation: The 16 MBTI Types". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-05-13. Diakses tanggal 2009-05-07. 
  2. ^ "CAPT". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-11. Diakses tanggal 2011-03-18. 
  3. ^ "Eastwood, an ISTP". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-03-17. Diakses tanggal 2009-06-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]