IGOS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

IGOS adalah:

  1. sebuah gerakan untuk meningkatkan penggunaan dan pengembangan perangkat lunak sumber terbuka di Indonesia yang dinamakan Indonesia, Go Open Source.
  2. nama beberapa distribusi linux yang lahir dari gerakan tersebut seperti ringkasan di bawah ini.


IGOS Berdikari[sunting | sunting sumber]

Distro buatan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) ini memungkinkan para pemilik warnet beralih ke solusi open source tanpa kesulitan yang berarti, karena memiliki fitur dan fasilitas yang sama dengan sistem operasi lainnya. IGOS BERDIKARI merupakan solusi bagi pengusaha warnet yang ingin menekan investasi pada lisensi aplikasi. Dengan berbasis sistem operasi Linux, IGOS BERDIKARI lebih tahan dan aman dari serangan virus atau trojan horse.

Informasi lebih lengkap : http://www.psn.co.id/igos/

IGOS Billing[sunting | sunting sumber]

Sistem Informasi Billing Online buatan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) ini adalah sistem billing (penghitungan/pembuatan tagihan pemakaian) yang memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu pengusaha warnet memonitor penggunaan dan pemasukan warnetnya. Pengusaha warnet dapat mengakses informasi mengenai transaksi yang terjadi pada warnetnya kapan saja dan dimana saja melalui Internet. Sistem Informasi Billing Warnet Online ini mampu memberikan informasi:

  1. Penggunaan setiap workstation (klien)
  2. Pendapatan total warnet per hari
  3. Jumlah pengguna warnet per hari
  4. dan beberapa fitur lainnya.

Dengan adanya situs billing online ini pengusaha warnet dapat mengontrol dan memonitor operasional warnetnya dengan mudah.

Informasi lebih lengkap : http://www.psn.co.id/igos/

IGOS Kwartet[sunting | sunting sumber]

IGOS Kwartet (buatan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) juga) adalah sebuah teknologi yang mampu menghubungkan 4 set monitor, keyboard, dan mouse dengan sebuah personal computer berbasis Linux yang dilengkapi dengan 4 buah kartu VGA dan port USB sebanyak 8 buah. IGOS KWARTET memungkinkan setiap terminal memiliki kualitas visual yang bagus sesuai dengan kemampuan kartu VGA-nya. Hal ini dimungkinkan sebab setiap terminal terhubung dengan 1 kartu VGA. IGOS KWARTET dapat diterapkan untuk warnet-warnet yang ingin melakukan penghematan biaya investasi perangkat keras namun pengguna warnet tetap dapat menikmati kualitas visualisasi yang bagus dan menarik.

IGOS KWARTET ini juga memudahkan proses perawatan terminal/klien karena hanya berupa monitor, keyboard, dan mouse. Implementasi warnet dengan IGOS KWARTET ini juga lebih tahan terhadap serangan virus atau trojan horse karena sistem operasi yang digunakan adalah Linux.

Informasi lebih lengkap : http://www.psn.co.id/igos/

IGOS Laba-laba[sunting | sunting sumber]

IGOS Laba-laba adalah arsitektur thin client adaptasi open source yang memanfaatkan PXES Thin Client Terminal, sehingga hanya dengan sebuah server bebasis Linux dapat melayani hingga 12 workstation diskless.

Dengan IGOS LABA-LABA yang juga dikembangkan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) ini, maka pengusaha warnet dapat menghemat biaya investasi perangkat keras yang tinggi. Seluruh aplikasi dijalankan pada sisi server, selain itu untuk workstation/klien tidak dibutuhkan PC yang baru, cukup dengan memanfaatkan komputer bekas atau tua yang tidak memiliki harddisk. Karena berbasis Linux maka sistem ini juga lebih tahan terhadap serangan virus atau trojan horse.

Informasi lebih lengkap : http://www.psn.co.id/igos/

IGOS Dwiwarna[sunting | sunting sumber]

IGOS DwiWarna (IDW) adalah sebuah sistem operasi Linux yang dilengkapi dengan beragam paket atau aplikasi. IGOS DwiWarna (IDW) yang dapat juga disebut dengan nama Distro DwiWarna ini dibuat oleh komunitas open source DwiWarna.

IDW versi awal memakai penomoran versi 1.0 (V1.0) berbasis Fedora 8 (F8). Versi awal IDW terdiri lima CD/DVD, yaitu tiga buah CD dan dua buah DVD. IDW V1.0 terdiri dari versi installer dan live CD. IDW dapat digunakan untuk kebutuhan perkantoran/desktop, dan sebagai server.

Informasi lebih lengkap : http://dwiwarna.web.id/

IGOS Nusantara[sunting | sunting sumber]

IGOS Nusantara 2006 adalah aplikasi desktop yang merupakan distro Linux berbasis Fedora Core 5, dirancang khusus untuk desktop, sangat cocok digunakan untuk perorangan, bisnis, industri dan perkantoran dengan kemampuan yang handal sebagai solusi desktop. Dengan kemampuan untuk membuat/mengedit dokumen, database, spreadsheet, file grafis, maupun akses internet, chatting dan e-mail.

Diinisiasi oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi, IGOS Nusantara 2006 dikembangkan oleh Pusat Informatika LIPI Bandung bersama komunitas OSS, untuk memberikan aplikasi desktop yang bebas tanpa pungutan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna komputer di Indonesia.

Aplikasi yang terinstall dalam IGOS Desktop Nusantara 2006 antara lain : sistem operasi (Linux); aplikasi perkantoran (OpenOffice 2.0.3); Internet Browser (FireFox), E-mail Client (Evolution); Chatting (GAIM); pengolahan grafis (GIMP) serta aplikasi multimedia.

Informasi lebih lengkap : http://www.igos-nusantara.or.id

SDN IGOS[sunting | sunting sumber]

Sebuah merk perangkat lunak berbasis open source yang diluncurkan oleh Tim Konsorsium IGOS untuk memenuhi tuntutan masyarakat akan adanya produk open source untuk sistem desktop yang siap pakai. SDN IGOS dilengkapi dengan dukungan infrastruktur dan helpdesk serta bisnis model yang mendukung pertumbuhan industri IT lokal. SDN IGOS merupakan salah satu piranti lunak pertama yang diluncurkan dengan merk IGOS desktop dan merupakan aplikasi lengkap untuk desktop dan teritegrasi:

  1. Operating system : IGOS OS
  2. Office productivity : IGOS Office
  3. Project : Project Manager
  4. Email Client : Evolution
  5. Instant Messaging Client : GAIM
  6. Desktop Environment : GNOME
  7. Application Platform : Java
  8. Browser : Mozilla Firefox
  9. Graphic Disain : GIMP 2.0

Informasi lebih lengkap : http://www.igos-desktop.com

Waroeng IGOS[sunting | sunting sumber]

Merupakan aplikasi usaha warnet berbasis Open Source yang dikembangkan Universitas Gunadarma untuk aplikasi desktop (client) yang terdiri dari: office application (word processing, spreadsheet dan presentation), internet application (web browser, chatting, mail client) dan anti virus (clamav, spamassassin), maupun untuk server yang terdiri dari (security, proxy manager, IP location, billing system warnet dan quality of services).

Aplikasi/Distro Linux Warung IGOS ini terdiri dari 3 (tiga) buah CD-ROM, yaitu:

  1. CD-ROM 1 : Aplikasi Server (Knoppix Version/live on CD).
  2. CD-ROM 2 : Aplikasi Client (Knoppix Version/live on CD).
  3. CD-ROM 3 : Instalasi untuk komputer client dan server.

Informasi lebih lengkap : http://igos.gunadarma.ac.id/

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Indonesia, Go Open Source

Pranala luar[sunting | sunting sumber]