Hyakunin Isshu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karuta bertuliskan syair pertama dari Hyakunin Isshu, (Aki no ta no Kariho no io no Toma o arami)

Hyakunin Isshu (百人一首?) adalah antologi puisi klasik yang berisi 100 syair dari 100 penyair Jepang. Walaupun dulunya terdapat sejumlah "Hyakunin Isshu" yang lain, Hyakunin Isshu sekarang umumnya merujuk kepada Ogura Hyakunin Isshu yang disusun oleh Fujiwara Teika.

Ogura Hyakunin Isshu disusun oleh penyair Fujiwara Teika pada zaman Kamakura.[1] Puisi yang dikumpulkannya berasal 100 orang penyair waka terkemuka yang berkarya mulai dari zaman Kaisar Tenchi hingga zaman Kaisar Juntoku. Dalam antologi puisi ini, puisi disusun secara kronologis dari puisi yang tertua hingga puisi yang terbaru. Murid Fujiwara Teika yang bernama Utsunomiya Renshō (Utsunomiya Yoritsuna) mendirikan aliran seni waka yang disebut Utsunomiya Kadan (宇都宮歌壇?). Sewaktu mendirikan rumah peristirahatan Ogura di Sagano, Kyoto, ia meminta Fujiwara Teika untuk memilih waka terbaik dari penyair ternama, dan menulisnya di atas kertas shikishi. Utsunomiya Renshō ingin menempelkan kertas-kertas berisi waka pilihan Fujiwara Teika pada fusuma di vila yang sedang dibangunnya. Kertas-kertas berisi waka yang ditulis Fujiwara Teika merupakan bentuk awal dari Ogura Hyakunin Isshu. Dari 100 penyair yang dipilihnya terdapat 79 penyair pria (15 di antaranya biksu), dan 21 penyair wanita. Setelah selesai disusun, antologi puisi ini tidak memiliki judul resmi, sehingga sering dikenal dengan judul yang berbeda-beda, seperti Ogura Sansō Shikishi Waka (Waka dari Shikishi di Vila Ogura) atau Saga Sansō Shikishi Waka (Waka dari Shikishi di Vila Saga).

Sumber Hyakunin Isshu adalah Kokin Wakashū dan Shin Kokin Wakashū.[1] Selain sebagai antologi puisi, Hyakunin Isshu dipakai sebagai buku pengantar oleh orang yang ingin belajar menulis atau mempelajari waka. Setelah kemajuan teknik percetakan dengan cukil kayu pada zaman Edo, Hyakunin Isshu diterbitkan sebagai karuta, dan populer di kalangan rakyat Jepang sebagai permainan uta garuta.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]