Hisaki (satelit)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hisaki adalah sebuah satelit jepang yang memantau radiasi gelombang elektromagnetik dengan jangkauan ultraviolet, yang dioperasikan oleh JAXA (Japan aerospace exploration agency), diluncurkan pada september 2013 di tengah roket epsilon. disebut juga 'Spectroscopic Planet observatory for Recognition of Integration of Athmosphere' (SPRINT-A)

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Hisaki membawa pengukur ultraviolet yang digunakan untuk mempelajari atmosfer dan area yang dekat dengan objek astronomi yang berada pada solar sistem, di desain untuk misi satu tahun. satelit ini akan beroperasi pada orbit rendah dari bumi dengan titik terdekat 950km (590 mil), titik terjauh 1150km (710mil), kemiringan 31 derajat dan periode 106 menit.

Hisaki dinamakan berdasarkan cape hisaki (mantel api) dalam sejarah timur dari daerah kimotsuki, kagoshima dekat Uchinoura space center

Peluncuran[sunting | sunting sumber]

sebuah roket epsilon digunakan untuk meluncurkan Hisaki. membuatnya sebagai yang menjadi yang pertama meluncur dari komplek Uchinoura space centre. peluncuran terjadi pada waktu 05.00 waktu setempat pada 14 september 2013, melanjutkan kegagalan peluncuran pada 27 agustus lalu.

referensi[sunting | sunting sumber]

  1. "SPRINT-A: Solar Array Paddles Deployment and Nickname Decided"