Hina Kelana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Hina Kelana adalah novel cerita silat fiksi yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Gan KL. Judul asli novel ini adalah Xiao Au Jianghu, karya Jin Yong atau Chin Yung, seorang penulis cerita silat terkenal dari Cina.

Novel Xiao Au Jianghu sendiri merupakan karya ketiga belas dari Jin Yong. Sebenarnya jika diterjemahkan secara harfiah, makna dari judul novel ini adalah Menertawakan Dunia Persilatan. Namun di Indonesia sendiri lebih terkenal dengan judul Hina Kelana atau Balada Kaum Kelana. Bahkan, ketika novel ini difilmkan pun menggunakan judul terjemahan Pendekar Hina Kelana.

Adapun judul novel ini dalam terjemahan bahasa Inggris adalah Smiling and Proud Wanderer, sementara dalam bentuk film juga terkenal dengan judul State of Divinity.

Kisah Hina Kelana bercerita tentang kehidupan dunia persilatan pada zaman Dinasti Ming. Memang Jin Yong tidak terlalu jelas menyebutkan kapan setting kisah ini berlangsung. Namun para peneliti dapat menyimpulkan bahwa kisah fiksi ini mengambil latar belakang zaman Kerajaan Ming berkuasa di Cina.