Hex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hex adalah sebuah tipe permainan yang menggunakan papan permainan dengan blok-blok berbentuk segi enam dengan dimensi 11x11 kotak. Ada juga papan yang berdimensi 13x13 atau 19x19. Permainan ini memiliki relasi dekat dengan permainan Go. Namun, John Nash, salah satu pencetus permainan ini mengatakan bahwa dimensi terbaik untuk papan permainan ini adalah 14x14 kotak.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Permainan ini ditemukan oleh ahli matematika Piet Hein, yang diperkenalkan pada tahun 1942 di institut Niels Bohr, dan juga dikembangkan oleh ahli matematika lain, John Nash pada tahun 1947 di universitas Princeton. Permainan ini dikenal di Denmark dengan nama Polygon. Piet Hein sendiri menamai permainan ini CON-TAC-TIX. Pada tahun 1952, Parker Brothers akhirnya memasarkan permainan ini dan diberi nama Hex. Nama itulah yang dipakai hingga sekarang.

Hex merupakan sebuah permainan strategi. Jenis permainan lain yang mirip dengan permainan ini adalah Omni, Y dan Havannah. Semua permainan ini pada dasarnya adalah pengembangan dari permainan dari Asia yang sudah lama muncul yaitu Go.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]