Hetty Kelly

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hetty Kelly

Henrietta "Hetty" Kelly (1893 – Oktober 1918[1]) adalah seorang penari dan pementas balai musik Irlandia, dan kekasih pertama dari pelawak film Charlie Chaplin.

Hetty meninggal pada Oktober 1918[1] dalam epidemi flu Spanyol yang menerjang Eropa pada masa Perang Dunia Pertama. Chaplin tak mengetahui kematiannya sampai tiga tahun kemudian pada 1921 saat Fred Karno memberitahukannya, ketika berkunjung ke Inggris.

Hetty Kelly diperankan oleh pemeran Amerika Serikat Moira Kelly dalam film tahun 1992 Chaplin yang diproduksi dan disutradarai oleh Richard Attenborough. Kelly juga memerankan istri keempat dan terakhir Chaplin Oona O'Neill dalam film tersebut.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Reunions, Romance and Remembrance in Tales of Wartime Lives"[pranala nonaktif permanen], Bristol Post, News section, April 8, 2014. Accessed 5 April 2016. The biographical material on Hetty is found in an email, reprinted in this article, written by Chaplin's biographer David Robinson.
  2. ^ Giles, Jeff (1993-01-03). "Moira Kelly; Playing Two Roles in 'Chaplin' While Dreaming of Joan of Arc". The New York Times. Diakses tanggal 2010-05-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]