Hermann Schussler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah plakat perunggu untuk menghormati Hermann Schussler yang terletak di Crystal Springs Reservoir

Hermann Schüssler atau Schussler (4 Agustus 1842 – 27 April 1919) adalah seorang teknisi sistem pengairan dan arsitek bendungan Jerman yang dikenal karena merancang sistem pengairan Comstock.

Masa awal[sunting | sunting sumber]

Hermann Schussler lahir apa yang sekarang menjadi Rastede, Jerman. Dari 1859 sampai 1862, ia masuk Akademi Militer Prusia Oldenburg. Setalah ia lulus, ia belajar teknik sipil di Zürich dan Karlsruhe.

Teknisi di AS[sunting | sunting sumber]

Pada 1864, Hermann Schussler berimigrasi ke California, dan mulai bekerja untuk Spring Valley Water Works dari San Francisco. Ia bekerja pada beberapa proyek di Bay Area. Proyek-proyek yang paling dikenang adalah bendungan-bendungan di Crystal Springs Reservoir dan San Andreas Lake yang selamat dari gempa bumi San Francisco 1906. Schussler menjadi kepala teknisi Marin County, dan kemudian Virginia City. Di Virginia City, Schussler bekerja untuk Virginia City and Gold Hill Water Company dan membangun sistem pengairan Comstock. Ia juga bekerja untuk Sutro Tunnel Company dan merancang sistem pengairan untuk Tuscarora dan Pioche. Pada 1878, Schussler bekerja pada beberapa proyek pengairan di Hawaii. Ia pensiun pada 1914.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • John Debo Galloway: Early Engineering Works Contributory to the Comstock, 1947.
  • Hermann Schussler: The Water Supply Of San Francisco, California Before, During And After The Earthquake of April 18, 1906 And The Subsequent Conflagration, 1907.
  • Hugh Shamberger: The Story of the Water supply for the Comstock, 1965.