Henry Thornton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Henry Thornton adalah seorang ekonom asal Inggris yang lahir di London pada 10 Maret 1760 dan meninggal pada 16 Januari 1813. Ia memiliki kontribusi yang signifikan terhadap teori moneter.

Thornton adalah putra seorang pedagang dan dermawan terkenal, dia pernah menjadi anggota dari Sekte Clapham, cabang Gereja Inggris yang dikenal keras dan evangelis. Thornton juga dikenal sebagai rekan dekat William Wilberforce dalam kampanyenya melawan perbudakan.

Pada 1782, Thornton terpilih ke Parlemen untuk Southwark, kursi yang dipegangnya sampai akhir hayatnya. Thornton terkenal karena integritas serta pandangan abolisionisnya, dia percaya dapat mempertahankan kemerdekaan politik dengan cara terbaik dengan menolak bergabung dengan Whig atau Tories.

Thornton juga dikenal dermawan, sebagian besar pendapatannya disumbangkan untuk kegiatan amal.

Sebagai ahli moneter, kontribusi utama Thornton menyangkut bunga, peredaran uang, harga, dan pengaruh perbankan terhadap mata uang. Thornton merupakan tokoh ekonom pertama yang menentukan perbedaan antara suku bunga nominal dan riil. Salah satu karya pentingnya mengenai teori moneter yakni Inquiry into the Nature and Effects of the Paper Credit of Great Britain (1802).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Parliament | United Kingdom government | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-29.