Henry II dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Heinrich (Henry) II (1107 – 13 Januari 1177), Pangeran Palatine dari Rhein, 1140–1141, Margrave dari Austria dari tahun 1141 sampai dengan 1156 dan sebagai Heinrich (Henry) XI, juga Adipati Bayern dari tahun 1141 sampai dengan tahun 1156, Adipati Austria, 1156–1177, merupakan seorang pangeran dari Dinasti Babenberg.

Monumen di luar Schottenstift di Wina.

Sebagai putra Markgrave Leopold III, ia pertama-tama menjadi Pangeran Palatine dari Rhein sampai ditunjuk menjadi Adipati Bayern dan Margrave dari Austria ketika saudaranya Leopold IV mati mendadak.

Di dalam persengketaan antara dinasti Welfen dan Staufen di dalam Kekaisaran Romawi Suci, wilayah adipati Bayern diambil dari Welf Henry yang Sombong oleh kaisar dan diberikan kepada dinasti Babenberg. Kaisar yang baru Friedrich I mencoba untuk mencapai suatu kesepakatan dengan Welf dan menghadiahkan putra Henry yang Sombong, Henry sang Singa, dengan Bayern pada tahun 1156. Suatu pengganti harus ditemukan untuk keluarga Babenberg, dinamai Privilegium Minus, di mana Austria ditinggikan ke wilayah adipati dan mendapatkan kebebeasan penuh dari Bayern.

Sebuah patung di Wina.

Selain ayahnya, yang bertempat tinggal di Klosterneuburg sepanjang hidupnya, Henry memindahkan tempat tinggalnya ke Wina pada tahun 1145. Hanya dengan tindakan ini ibu kota Austria modern dapat mengungguli kota-kota seperti Krems, Melk atau Klosterneuburg. Semenjak itu, kota tersebut tetap tinggal sebagai ibukota negara. Juga pada tahun 1147, Katedral Santo Stephen diselesaikan, yang menjadi kebanggaan nyata di kota tersebut. Pada tahun 1155, Henry mendirikan biara Schottenstift di Wina, di halaman di mana sebuah patungnya berada sampai sekarang.

Pada tahun 1143, ia menikahi Gertrude dari Süpplingenburg, putri Kaisar Lothar II. Pada tahun 1148 ia menikahi Theodora Comnena, seorang keponakan Kaisar Romawi Timur Manuel I. Kedua pernikahan tersebut dengan kuat menunjukkan derajat Istana Babenberg di Eropa Tengah di dalam periode itu.

Saudara Henry merupakan seorang penulis riwayat penting Otto dari Freising. Saudarinya Judith adalah istri William V dari Montferrat.

Nama kecil Henry, Jasomirgott, pertama kali didokumentasikan di dalam abad ke-13 di dalam bentuk Jochsamergott, yang artinya tidak jelas. Menurut sebuah teori, diambil dari suatu kata Arab yang artinya berhubungan dengan Perang Salib Kedua di mana Henry berpartisipasi pada tahun 1146. Menurut sebuah etimologi populer, nama itu diambil dari rumus Ja so mir Gott helfe (yang berarti: "Ya, Halleluyah").

Henry II dari Austria
Lahir: 1107 Wafat: 1177
Jerman
Didahului oleh:
Leopold IV
Adipati Bayern
1141–1156
Diteruskan oleh:
Henry XII
Margrave, kemudian Adipati Austria
1141–1177
Diteruskan oleh:
Leopold V
Didahului oleh:
William dari Ballerstedt
Pangeran Palatine dari Rhein
1140–1141
Diteruskan oleh:
Herman III dari Stahleck