Hendrik II dari Limburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hendrik II (sekitar tahun 1111 – Agustus 1167) merupakan seorang Adipati Limburg dari tahun 1139 dan Comte Arlon dari tahun 1147 sampai kematiannya. Ia adalah putra Walram, Comte Arlon, dan Jutta dari Guelders. Ia menggantikan ayahandanya di Limburg dengan gelar adipati, namun Konrad III menolak untuk memberikannya Lorraine Bawah. Ia terus memanggil dirinya sendiri sebagai adipati.

Hendrik semula tidak terima telah kehilangan Lorraine dan menyerang adipati yang baru, Godfried VII. Ia dikalahkan. Godfried meninggal pada tahun 1142, namun Hendrik disibukkan oleh sebuah perang melawan Maharaja Fauquemont dan tidak mendesak haknya ke wilayah adipati Lorraine Bawah.

Pada tahun 1147, ia mewarisi Arlon, adik laki-lakinya Walram meninggal tanpa keturunan. Konrad menegaskan hal ini, sebuah wilayah feodal yang dijanjikan Hendrik untuk mengganti rugi atas kehilangan Lorraine, dan adipati dan raja tersebut berdamai. Akan tetapi Hendrik tidak ambil bagian di dalam Perang Salib Kedua pada tahun itu. Hendrik menghadiri pemanhkotaan ahli waris Konrad, Frederick Barbarossa.

Pada saat itu, Hendrik terlibat di dalam perang dengan Henri IV, Comte Luksemburg. Kota Andenne diambil, dijarah dan dibakar seluruhnya. Kemudian Hendrik berbalik ke Godfried VIII, namun mereka segera berdamai pada tahun 1155. Putri Hendrik, Margaretha menikah dengan Godfried.

Hendrik ambil bagian di dalam kampanye-kampanye Barbarossa di Italia, ia meninggal karena terkena wabah pada tahun 1167 di Rome.

Didahului oleh:
Walram II
Adipati Limburg
1139–1167
Diteruskan oleh:
Hendrik III
Didahului oleh:
Walram III
Comte Arlon
1147–1167

Referensi[sunting | sunting sumber]