Heitor Villa-Lobos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Heitor Villa-Lobos (Rio de Janeiro, 5 Maret 1887-17 November 1959) adalah komponis Brasil. Kebanyakan karyanya memuat unsur musik rakyat Brasil, namun ia juga menggunakan unsur gaya musik impresionisme, ekspresionisme, barok, dan klasik. Villa-Lobos adalah komponis musik klasik dari Amerika Selatan yang paling terkenal.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Heitor Villa-Lobos dilahirkan di Rio de Janeiro. Dia belajar musik dari ayahnya, seorang pemusik amatir (dan juga pustakawan). Pada tahun 1899, saat ayahnya meninggal dunia, Villa-Lobos sudah menjadi seorang pemusik profesional. Dia mencari nafkah sebagai pemusik di kafe, memainkan cello.

Pada tahun 1905 Villa-Lobos melakukan perjalanan pertamanya ke daerah timur laut Brasil untuk mengumpulkan musik rakyat. Selanjutnya, dia menempuh studi di institut musik nasional di Rio de Janeiro, walaupun gaya musiknya tidak pernah mengacu pada gaya akademik umumnya.

Setelah perjalanan berikutnya ke pedalaman Amazon pada tahun 1912, Villa-Lobos kembali ke Rio de Janeiro. Pada tahun 1923, dia memperoleh beasiswa dari pemerintah untuk belajar di Paris. Setelah ia kembali ke Brasil pada tahun 1930, Villa-Lobos dijadikan direktur pendidikan musik di Rio de Janeiro.

Dia lalu merancang sistem pendidikan musik bagi generasi-generasi masyarakat Brasil. Sistem tersebut didasarkan pada budaya musik Brasil yang kaya dan berakar pada patriotisme. Dia menggubah musik untuk paduan suara anak-anak sekolah, seringkali mengadaptasi dari musik rakyat. Pengaruh Villa-Lobos bagi generasi masyarakat Brasil hingga kini adalah rasa cinta terhadap tanah air.

Pada tahun 1944, Villa-Lobos mengunjungi Amerika Serikat untuk memimpin penampilan karyanya (sebagai dirigen). Beberapa orkestra Amerika Serikat kemudian memesan karya-karyanya, dan ia bahkan menciptakan musik untuk film Hollywood, yaitu film berjudul Green Mansions pada tahun 1945. Tahun 1940-an periode keberhasilan Villa-Lobos dalam skala internasional. Sebagai komponis dan dirigen atas pembawaan karya-karyanya, Villa-Lobos berpindah-pindah dari Los Angeles ke New York dan ke Paris. Ia meninggal dunia di Rio de Janeiro dan dimakamkan di sana.

Karya-karya utama[sunting | sunting sumber]

Villa-Lobos merupakan komponis yang menggubah banyak karya. Namun, banyak karyanya juga merupakan aransemen dari karya-karya sebelumnya. Terutama pada akhir hayatnya, Villa-Lobos banyak melakukan komposisi ulang.

Villa-Lobos menggubah musik untuk piano, gitar, alat musik gesek, orkestra, musik kamar, beberapa opera, balet, dan sebagainya. Selain beberapa karyanya yang hilang, sebagian besar karya tersebut sering ditampilkan maupun direkam.

Karya Villa-Lobos yang paling terkenal adalah Bachianas Brasileiras nomor 5, yang digubah untuk vokal dan delapan cello, namun ditampilkan dalam berbagai kombinasi alat musik lainnya. Karya-karyanya untuk solo gitar juga terkenal.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]