Harper Lee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Harper Lee
Harper Lee Medal.jpg
Harper Lee bersama Presiden George W. Bush
Pekerjaan Novelist
Kebangsaan American
Tema Literature
Angkatan Southern Gothic


Nelle Harper Lee (lahir di Alabama, Monroeville, Amerika Serikat, 28 April 1926; umur 87 tahun) adalah penulis Amerika yang terkenal akan bukunya To Kill a Mockingbird. Ia mendapatkan penghargaan Presidential Medal of Freedom akan kontribusinya dalam dunia literatur pada tahun 2007.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Nelle Harper Lee adalah anak bungsu dari empat bersaudara dari Amasa Coleman Lee dan Frances Cunningham Finch mantan. Ayahnya, seorang mantan editor dan pemilik surat kabar, adalah seorang pengacara Legislatif di negara bagian Alabama (1926-1938). Sebagai seorang anak, Lee adalah seorang tomboi dan pembaca cermat, dan menikmati persahabatan dari teman sekolah dan tetangga, Truman Capote.

Setelah lulus dari pendidikan menengah atas di Monroeville[2], Lee mendaftarkan diri di Huntingdon College untuk perempuan, di Montgomery (1944-1945), dan kemudian mengejar gelar sarjana hukum dari Universitas Alabama (1945-1949). Ketika berada disana, ia menulis untuk beberapa publikasi mahasiswa dan menghabiskan satu tahun sebagai editor majalah humor kampus, Rammer Jammer.[3][4] Walaupun ia tidak menyelesaikan gelar sarjana hukum-nya, selama musim panas ia belajar di Oxford, Inggris, sebelum pindah ke New York pada tahun 1950, dimana ia bekerja sebagai petugas reservasi untuk penerbangan Eastern Air Lines dan British Overseas Airways Corporation (BOAC).

Lee masih terus bekerja sebagai petugas reservasi hingga akhir tahun 1950-an, ketika ia mengabdikan penuh dirinya untuk menulis. Ia menjalani kehidupan yang sangat hemat. Ia bepergian hanya antara apartemen-tanpa-air panas-nya di New York dan merawat ayahnya di Alabama

To Kill a Mockingbird[sunting | sunting sumber]

Setelah menulis beberapa cerita panjang, Harper Lee menemukan penerbit pada bulan November 1956. Bulan berikutnya di East 50th townhouse milik teman-temannya (Michael Brown dan Joy Williams Brown, ia menerima sebuah hadiah dari upah setahun dengan catatan: "Anda mendapatkan libur selama satu tahun untuk menulis apa saja yang anda inginkan. Selamat Natal."[5] Dalam satu tahun, dia menyelesaikan coretan awal. Bekerja dengan JB Lippincott & Co editor Tay Hohoff, ia menyelesaikan To Kill a Mockingbird pada musim panas tahun 1959. Buku ini diterbitkan pada tanggal 11 Juli 1960, To Kill a Mockingbird segera menjadi buku terlahir dan memenangkan banyak pujian, termasuk Penghargaan Pulitzer untuk Fiksi pada tahun 1961. Buku ini tetap menjadi buku terlaris dengan lebih dari 30 juta eksemplar. Pada tahun 1999, buku ini terpilih "Best Novel of the Century" dalam jajak pendapat oleh Library Journal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris)President Bush Honors Medal of Freedom Recipients The White House Press Release from November 5, 2007
  2. ^ Anderson, Nancy (2007-03-19). "Nelle Harper Lee". The Encyclopedia of Alabama. Diakses 2008-09-12. 
  3. ^ "Harper Lee Biography". Biography.com. Diakses 2008-09-13. 
  4. ^ Shields, Charles J. (2006-06-11). "'Mockingbird: A Portrait of Harper Lee: Good Scout". The New York Times. Diakses 2008-09-13. 
  5. ^ "Harper Lee". NNDB.com. Diakses 2007-05-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]