Harian Haluan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Harian Haluan

Harian Haluan adalah salah satu suratkabar di Sumatera Barat yang didirikan oleh H. Kasoema bersama dengan Adaham Hasibuan dan Amarullah Ombak Lubis.[1][2] Harian ini terbit pertama kali pada 1 Mei 1948 di Bukittinggi. Pada April 1958 koran ini berhenti terbit hingga Mei 1969. Pada Mei 1969 harian ini kembali terbit. Tercatat nama-nama jurnalis terkenal yang ikut mengawakinya, antara lain; H. Kasoema, Rivai Marlaut, Chairul Harun, M. Joesfik Helmy, Sjafri Segeh, Anas Lubuk, A. Pasni Sata, Rusli Marzuki Saria, Basri Segeh, R. Datuk Tuo dan sebagainya. Generasi berikutnya muncul generasi Darman Moenir, Masri Marjan, Beny Aziz, Nasrul Djalal dan sebagainya.

Kini terbit dengan 16 halaman, empat halaman penuh warna setiap hari. Pada awal 2000-an surat kabar ini mulai mereformasi diri. Perwajahan yang tadinya terasa amat konvensional, mulai dibuat mengikuti trend wajah koran modern. Penampilan, maupun gaya penulisan juga ikut diperbaiki. Generasi baru yang datang kemudian, Eko Yanche Edrie [3], Ismet Fanany, Rusdi Bais dan Hendra Dupa tercatat sebagai generasi yang mencoba berusaha membangun kembali kebesaran Haluan.

Sejak 1 November 2010, Harian Haluan tampil dengan pemilik dan manajemen baru, desain/wajah baru full-colour. Sekarang Haluan berada di bawah pemodal baru H. Basrizal Koto (Basko Group). Selain Harian Haluan, Basrizal Koto[4] juga punya dua koran harian lain; Haluan Riau (Pekanbaru) dan Haluan Kepri (Batam). Moto di bawah logo Harian Haluan tertera; Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat.

Dalam manajemen Harian Haluan, Pemimpin Umum H. Basrizal Koto, Wakil Pemimpin Umum: Zul Effendi, Pemimpin Redaksi : Yon Erizon, Kepala Litbang: Eko Yanche Edrie.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]