Hari St Piran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hari Santo Piran
Hari Santo Piran
Parade Santo Piran di Penzance (2006)
Dirayakan orang Cornwall
Jenis Hari nasional
Tanggal 5 March
Perayaan Pawai dan acara sosial,
peringatan keagamaan.

Hari Santo Piran (bahasa Inggris: St Piran's Day, (bahasa Kernewek: Gool Peran) adalah hari nasional yang dirayakan setiap 5 Maret di Cornwall, Inggris.[1][2] Hari raya ini dibuat untuk santo pelindung Cornwall bernama Santo Piran yang juga santo pelindung penambang timah.

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Hari Santo Piran dimulai sebagai salah satu hari libur untuk penambang timah di Cornwall. Hari libur lainnya untuk penambang, di antaranya Hari Picrous dan Kamis Chewidden.

Hari Santo Piran dikabarkan sebagai hari raya favorit di kalangan penambang timah yang percaya bahwa beberapa rahasia proses pengolahan timah diturunkan Santo Piran kepada leluhur mereka. Penambang mengosongkan tambang pada hari itu agar mesin-mesin bisa "beroperasi sendiri", dan menjadikan hari itu sebagai hari libur.[3] Tidak ada penjelasan terinci mengenai tradisi khusus pada hari ini selain konsumsi alkohol dan makanan dalam jumlah besar selama 'Perrantide'. Sehari sesudah Hari Santo Piran disebut Hari Mazey, istilah yang sekarang dipakai untuk festival Golowan yang dihidupkan kembali di Penzance. Frasa mabuk seperti seorang perraner sudah dipakai pada abad ke-19 di Cornwall untuk menggambarkan seseorang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "St Piran's Day: 10 things you need to know about the annual Cornish day". The Mirror. Mirror.co.uk. 2010-03-05. Diakses 18 March 2010. 
  2. ^ "Kittow Centre". The Herald. 2010-03-05. Diakses 18 March 2010. 
  3. ^ Hunt, Robt., Popular Romances of the West of England
  4. ^ "St. Piran's Day", Cornish Culture

Pranala luar[sunting | sunting sumber]