Hari Kejayaan (Pakistan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hari Kejayaan
Nama resmiYoum-e-Takbir
یوم تکبیر
Dirayakan olehPakistan
Tanggal28 Mei
FrekuensiSetiap tahun

Hari Kejayaan (bahasa Urdu: یوم تکبیر, Inggris: Youm-e-Takbir) ditetapkan sebagai hari nasional di Pakistan pada tanggal 28 Mei untuk mengenang Chagai-I dan Chagai-II ketika Pakistan meledakkan tujuh nuklir untuk merespons peledakan nuklir India Pokhran-II pada tahun 1998, 17 hari setelah insiden tersebut. Uji coba itu membuat Pakistan menjadi negara ketujuh yang mempunyai senjata nuklir, dan negara pertama dari kalangan negara muslim.[1][2]

Hari tersebut resmi ditetapkan oleh Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif dan pertama kali dirayakan dengan memberikan penghargaan seperti Chagai Medal kepada perorangan dan perusahaan dalam bidang sains dan industri.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pakistan Nuclear Weapons". fas.org (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 1999-08-29. Diakses tanggal 22 Juni 2016. 
  2. ^ "Pakistan's Nuclear Weapons Program - 1998: The Year of Testing". nuclearweaponarchive.org (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 22 Juni 2016. 
  3. ^ "ODM of Pakistan: Chagai-I Medal". medals.org.uk (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-04. Diakses tanggal 22 Juni 2016.