Hana (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hana (Hana yori mo Naho - 花よりもなほ)
SutradaraHirokazu Kore-eda
ProduserNozomu Enoki
Shiho Sato
Hijiri Taguchi
Ditulis olehHirokazu Kore-eda
PemeranJunichi Okada
Rie Miyazawa
SinematograferYutaka Yamasaki
PenyuntingHirokazu Kore-eda
DistributorShochiku (Jepang)
Funimation (AS)
Tanggal rilis
3 Juni 2006
Durasi127 menit
NegaraJepang
BahasaJepang

Hana - the Tale of a Reluctant Samurai, dikenal di Jepang sebagai Hana yori mo Naho (花よりもなほ), adalah jidaigeki Jepang tahun 2006 oleh sutradara Hirokazu Kore-eda. Film ini dirilis di Amerika Serikat oleh Funimation yang juga memberikan sulih suara bahasa Inggris.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Cerita ini terjadi selama satu tahun pada era Genroku Jepang, dimulai pada awal tahun 1702.

Seorang samurai muda dan belum berpengalaman, Aoki Sozaemon, datang dari Matsumoto ke Edo. Tinggal di daerah kumuh, dia menunggu untuk mencari dan membalas dendam terhadap pembunuh ayahnya, untuk mengembalikan kehormatan nama klannya. Namun, kehidupannya yang miskin dan didorong oleh balas dendam memberikan dampak negatif pada dirinya, begitu pula dengan penemuan bahwa korban yang dituju, seorang samurai berstatus rendah lainnya, memiliki seorang istri dan anak kecil. Akhirnya, Soza harus memutuskan: membunuh atau tidak?

Latar belakang film ini adalah banyak penghuni daerah kumuh lainnya, termasuk anak-anak, tuan tanah, kelompok yang menampilkan drama amatir, serta seorang janda muda, Osae, yang menjalin hubungan asmara dengan Soza.

Tanpa sepengetahuan semua orang, yang juga tinggal di perkampungan kumuh adalah sekelompok kecil samurai, anggota 47 Ronin, bersembunyi dan merencanakan sebelum serangan balas dendam mereka di rumah Kira Yoshinaka . Hal ini terjadi satu tahun kemudian pada klimaks film.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Kritikus film Andrew Thayne dari Asian Movie Pulse mengatakan bahwa "Koreeda mengambil pandangan yang tidak biasa terhadap film samurai, ketika seorang samurai muda berjuang dengan perannya sebagai samurai sekaligus anak laki-laki."[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thayne, Andrew (2020-04-04). "Film Review: Hana (2006) by Hirokazu Koreeda". Asian Movie Pulse. Diakses tanggal 2021-03-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]