Gwiyomi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Gwiyomi Song/Kwiyomi Song
귀요미 송"
Singel oleh Hari
Dirilis 18 Februari 2013 (2013-02-18)
Format Digital Download
Genre K-pop, indie pop
Panjang 2:45
Label Dandi Recordz
Danal Entertainment
Warner Music[1][2]


"Gwiyomi Song", atau "Kwiyomi Song" (귀요미 송; bahasa Indonesia: "Lagu Gwiyomi"), adalah singel K-pop oleh penyanyi Korea Selatan, Hari, yang dirilis pada tanggal 18 Februari 2013. Tarian dalam singel ini terinspirasi dari gerakan penyanyi rap Korea Selatan, Jung Ilhoon dari grup BtoB. Gerakan ini disebut 'Gwiyomi Player', yang menjadi meme Internet pada bulan Oktober 2012, diikuti oleh penampilan Hari untuk pertama kalinya dalam sebuah acara realitas di SBS MTV bertajuk MTV Diary. Lagu ini kemudian menjadi viral di dunia maya. Media Korea, Sports Seoul, mengunggah video klip lagu Hari yang melakukan tarian dan menyanyikan lagu ini. Video ini telah menginspirasi banyak pengguna Internet Asia untuk mengunggah versi mereka sendiri ke Internet.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Meme Internet ini berawal dari Korea Selatan, saat Jung Ilhoon, anggota BtoB, melakukan serangkaian gerakan tarian kocak yang dikenal dengan sebutan 'Gwiyomi Player' atau 'Kwiyomi Player' ('Cutie Player' dalam bahasa Inggris). Ia membawakan tarian ini dalam episode ke-24 acara realitas MTV Diary pada tahun 2012.

Gerakan ini dengan cepat menjadi populer di kalangan selebriti Korea setelah Ilhoon tampil dalam acara varietas Weekly Idol.[3] Acara ini menampilkan sebuah segmen singkat berjudul "The Aegyo Battle" , di mana berbagai selebriti Korea membawakan berbagai variasi gerakan Gwiyomi.

Pada tanggal 18 Februari 2013, lagu yang berjudul "Gwiyomi Song" dirilis oleh penyanyi Korea Selatan, Hari. Lagu ini terinspirasi oleh gerakan 'Gwiyeomi Player' Jung Ilhoon. "Gwiyomi Song" mendapat perhatian dari Jung Ilhoon, yang mengunggah videonya sendiri melalui label musiknya, Cube Entertainment, dengan lirik lagu versinya sendiri.[4] Penyanyi Hari kemudian diwawancarai oleh media Korea Sports Seoul, dan ia menampilkan gerakan "Gwiyomi" sambil bernyanyi. Musik video untuk lagu ini kemudian dibuat dan diunggah secara online.[5]

Pada tanggal 6 Juni 2013, Ke'ai Jia Yangju dalam acara Sims Next Top Model: World Tour (BrushYourCats) membawakan tarian Gwiyomi pada episode pertama yang berjudul "The First Stop".

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Menurut The Bangkok Post, "Gwiyomi" atau "Kiyomi" adalah bahasa slang Korea yang berarti "orang lucu".[6] Lirik lagu ini dapat diartikan sebagai "1 + 1 = Cutie, 2 + 2 = Cutie", dll.[6]

Gwiyomi (귀요미) berasal dari kata sifat "gwiyeo-un" (귀여운), yang berarti lucu. Gwiyeo berarti kelucuan, dan "-un" adalah bentuk konjugasi yang merujuk pada kata benda. Mengakhiri kata sifat dengan "-mi" (-미) akan mempersonifikasikan kata sifat tersebut, sehingga mengubah kata menjadi kata benda. Jadi "gwiyomi" berarti "orang lucu".

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Gelombang Korea, atau Hallyu, menyebabkan menyebarnya budaya populer dan hiburan dari Korea Selatan ke berbagai penjuru dunia, termasuk lagu "Gwiyomi" ini, terutama melalui Youtube. Di Indonesia sendiri "Gwiyomi" player(Sebutan orang yang memparodikan atau menyanyikan lagu "Gwiyomi) menjadi trend di kalangan penyuka budaya pop, salah satunya juga memparodikan lagu ini dengan lirik lagu berbahasa Indonesia [7].

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]