Guillaume V dari Aquitaine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Guillaume V dari Aquitania)
Langsung ke: navigasi, cari
Guillaume V, Adipati Aquitaine
Pasangan Adalemode dari Limoges
Sancha dari Gascony
Agnes dari Bourgogne
Keluarga bangsawan Wangsa Poitiers
Bapak Guillaume IV dari Aquitaine
Ibu Emma dari Blois
Lahir 969
Meninggal 31 Januari 1030

Guillaume V (969 – 31 Januari 1030), disebut yang Hebat (le Grand), merupakan seorang Adipati Aquitaine dan Comte Poitiers (sbg Guillaume II atau III) dari tahun 990 sampai kematiannya.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ia merupakan putra dan ahli waris Guillaume IV dan istrinya Emma dari Blois, putri Thibaut I dari Blois. Ia tampaknya mewarisi karakter ibundanya yang hebat, yang memerintah Aquitaine sebagai seorang wali sampai dengan tahun 1004. Ia bersahabat dengan Uskup Fulbert of Chartres, yang mirip dengan Gaius Maecenas, dan mendirikan sebuah sekolah katedral di Poitiers. Ia sendiri juga sangat terpelajar, seorang kolektor buku-buku, dan merubah istana yang makmur di Aquitaine menjadi sebuah pusat pelajaran yang ada di Perancis Selatan.

Meskipun ia adalah seorang pangeran yang dibudidayakan, ia gagal di lapangan. Ia memanggil bantuan rajanya Robert II dari Perancis untuk menundukkan vasalnya, Boson dari La Marche. Namun mereka mengalami kegagalan. Akhirnya, Boson dapat diusir dari provinsinya. Ia harus menampung Viking yang bertahun-tahun mengancam wilayah pesisirnya, namun pada tahun 1006, ia dikalahkan oleh para penjajah Viking. Ia kehilangan Loudunais dan Mirebalais kepada Foulque Nerra, Comte Anjou. Ia harus menyerahkan Confolens, Ruffec, dan Chabanais untuk mengkompensasi Guillaume II dari Angoulême, namun Fulbert menegosiasikan sebuah traktat (1020) yang menguraikan kewajiban timbal balik dari vasal dan pengikut raja.

Namun istananya merupakan pusat dari upaya artistik dan merupakan pelindungnya. Kesalehan dan kebudayaannya membawa perdamaian ke feudumnya yang luas dan ia berupaya untuk membendung gelombang perang feodal yang kemudian menghancurkan kesatuan negara-negara Eropa dengan mendukung arus gerakan Pax Dei yang baru dimulai oleh Paus dan Gereja. Ia mendirikan Maillezais Abbey (1010) dan Bourgueil Abbey. Ia membangun kembali katedral dan banyak lagi susunan keagamaan di Poitiers setelah kebakaran. Ia bepergian jauh di Eropa dan mengunjungi Roma setiap tahun atau Spanyol untuk berziarah. Dimana-mana ia disambut dengan kemegahan royal. Istananya memiliki rasa internasional, yang menerima duta-duta besar dari Kaisar Heinrich II, Alfonso V dari León, Knut yang Agung, dan bahkan pengikut rajanya, Robert dari Perancis.

Pada tahun 1024–1025, seorang duta besar dari Italia, yang dikirim oleh Olderico Manfredi II dari Torino, datang ke Perancis mencari raja mereka sendiri, Heinrich II meninggal. Bangsa Italia meminta putra Robert Hugues dari Perancis (1007-1025), rekan-pemimpin raja Perancis, namun Robert menolak untuk mengizinkan putranya untuk pergi dan bangsa Italia beralih ke Guillaume, yang karakternya mengesankan banyak orang di istananya. Ia berangkat ke Italia untuk mempertimbangkan usulan tersebut, namun situasi politik Italia meyakinkan untuk meninggalkan mahkota baginya dan ahli waris. Sebagian besar dari enam surat-suratnya yang berurusan dengan usulan Italia masih ada.

Pemerintahannya berakhir didalam damai dan ia meninggal pada minggu terakhir atau minggu ketiga bulan Januari 1030 di Maillezais, yang didirikan olehnya dan yang menjadi tempat peristirahatannya yang terakhir.

Sumber utama pemerintahannya adalah sebuah Panegyris oleh Adhémar dari Chabannes.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia menikah setidaknya tiga kali. Istri pertamanya adalah Adalmode, putri Vicomte Géraud dari Limoges. Mereka memiliki seorang putra:

  1. Guillaume VI, ahli warisnya

Istri keduanya adalah Brisque dari Gascogne[1] (or Brisa/Prisca), putri Adipati Guillaume Sanche dari Gascogne dan istrinya Urraca dari Navarra (wafat 1041) dan saudari Adipati Sanche VI dari Gascogne. Ia meninggal pada tahun 1018. Mereka memiliki dua orang putra dan seorang putri:

  1. Eudes, yang kemudian menjadi adipati juga
  2. Adalaïs, menikah dengan 1) Comte Géraud I Trancaleon dari Armagnac 2) Vicomte Arnaud II dari Lomagne dan d'Auvillars
  3. Thibaut, mati muda

Istri ketiganya adalah Agnès dari Bourgogne, putri Comte Otte-Guillaume dari Bourgogne. Suami keduanya adalah Geoffroy II dari Anjou. Mereka memiliki dua orang putra dan seorang putri juga:

  1. Pierre Guillaume, kemudian adipati sbg Guillaume VII
  2. Guy-Geoffroi, kemudian adipati sbg Guillaume VIII
  3. Agnès (atau Ala), menikah dengan Heinrich III, Kaisar Romawi Suci (1043)

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Nouvelle Biographie Générale. Paris, 1859.
  • Owen, D. D. R. Eleanor of Aquitaine: Queen and Legend.
  • Weir, Alison. Eleanor of Aquitaine. 2001.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Guillaume V dari Aquitaine
Lahir: 969 Wafat: 31 Januari 1030
Didahului oleh:
Guillaume IV
Adipati Aquitaine
1004–1030
Diteruskan oleh:
Guillaume VI
Comte Poitiers
1004–1030