Guhyeong dari Geumgwan Gaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Guhyeong dari Geumgwan Gaya
Hangeul 구형왕 also 구해왕
Hanja 仇衡王 also 仇亥王
Alih Aksara yang Disempurnakan Guhyeong wang also Guhae wang
McCune–Reischauer Kuhyŏng wang also Kuhae wang

Guhyeong dari Geumgwan Gaya, juga kerap disebut Guhae (bertahta tahun 521-532)[1] merupakan penguasa kesepuluh dan yang terakhir di Geumgwan Gaya. Ia adalah putra Raja Gyeomji dan Ratu Suk. Ia menikahi Ratu Gyehwa, yang merupakan putri suijil Bunjil. Mereka memiliki 3 orang putra, masing-masing dari mereka kemudian menjadi gakgan, atau jenderal: Sejong, Mudo dan Muduk.

Menghadapi serangan gencar pasukan Silla dibawah Raja Beopheung, Raja Guhyeong memilih untuk menyerah, dan membawa keluarga dan hartanya ke Silla. Ia diterima dengan upacara dan keluarganya diterima sebagai ranking tertinggi kedua di Silla sistem ranking tulang, "tulang sejati." Raja diberikan ranking Sangdaedeung, dan diijinkan untuk menyimpan bekas wilayahnya sebagai lahan gaji sigeup. Menurut riwayat Samguk Yusa, hal ini terjadi baik pada 520 atau 490 tahun setelah kerajaan itu didirikan oleh Raja Suro.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ These dates are generally accepted. However, the Samguk Yusa gives 521-562 also provides the alternate dates 507-549.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Gyeomji
Raja Geumgwan Gaya
521-532
Diteruskan oleh:
none