Gregory Bateson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gregory Bateson (9 Mei 1904 - 4 Juli 1980) adalah seorang antropolog, ilmuwan sosial, ahli bahasa, antropolog visual, semiotika dan cyberneticist Inggris. Pada tahun 1940 ia membantu mengembangkan teori sistem/cybernetics untuk ilmu-ilmu sosial dan menghabiskan satu dekade terakhir hidupnya mengembangkan "meta-ilmu" epistemologi untuk menyatukan berbagai bentuk awal dari teori sistem yang berkembang dalam berbagai bidang ilmu. Beberapa tulisan paling terkenal nya dapat ditemukan dalam buku-bukunya, Steps to an Ecology of Mind (1972) dan Mind and Nature (1979). Angels Fear (diterbitkan setelah ia wafat pada tahun 1987) adalah buku yang ditulis oleh putrinya Mary Catherine Bateson.

Bateson lahir di Grantchester di Cambridgeshire, Inggris pada tanggal 9 Mei 1904, putra ketiga dan termuda Caroline Beatrice Durham dan ahli genetika terkenal William Bateson. Saat remaja, Bateson mengikuti sekolah pada tahun 1917 hingga 1921 dan memperoleh gelar BA dalam bidang Biologi di St. John College pada tahun 1925. Pendidikannya dilanjutkan di Cambridge University pada tahun 1927 hingga 1929.

Bateson kuliah di bidang Ilmu Bahasa di University of Sydney pada tahun 1928. Dari tahun 1931 sampai 1937 ia adalah pengajar di St. John College, Cambridge, menghabiskan tahun-tahun sebelum Perang Dunia II di Pasifik Selatan tepatnya di Papua Nugini dan Bali untuk melakukan antropologi. Di Palo Alto, California, Gregory Bateson dan rekan-rekannya Donald Jackson, Jay Haley dan John H. Weakland mengembangkan teori Double Bind. Minat Bateson dalam paradigma ilmiah teori sistem dan cybernetics membentuk pemikiran yang berjalan melalui karyanya. Sebagai salah satu anggota asli kelompok inti Konferensi Macy, dia memperpanjang penerapannya terhadap ilmu-ilmu sosial. Kehidupan Bateson, sangat dipengaruhi oleh kematian kedua saudaranya. John Bateson (1898-1918), anak tertua dari tiga bersaudara, tewas dalam Perang

Dunia I. Martin Bateson (1900-1922), saudara kedua, yang kemudian diperkirakan akan mengikuti jejak ayahnya sebagai seorang ilmuwan, namun kemudian terlibat konflik dengan ayahnya atas ambisinya untuk menjadi seorang penyair dan dramawan. Stres yang dihasilkan, digabung dengan kekecewaan dalam hal percintaan, mengakibatkan Martin bunuh diri di depan publik dengan tembakan di bawah patung Anteros di Piccadilly Circus pada tanggal 22 April 1922. Setelah kejadian ini, semua harapan ambisius William dan Beatrice jatuh pada Gregory Bateson, anak mereka satu-satunya yang masih hidup.

Pernikahan pertama Bateson, pada tahun 1936, adalah dengan orang Amerika kebudayaan ahli antropologi Margaret Mead. Bateson dan Mead memiliki seorang putri, Mary Catherine Bateson yang lahir pada tahun 1939. Dia juga menjadi seorang antropolog.

Bateson memutuskan untuk berpisah dari Mead pada tahun 1947, dan mereka secara resmi bercerai pada tahun 1950. Pada tahun 1951 Bateson menikahi istri keduanya Elizabeth "Betty" Sumner (1919-1992), yang merupakan putri dari jemaat gereja Episcopal Chicago, Walter Taylor Sumner. Mereka memiliki seorang putra, John Sumner Bateson (lahir 1952), serta anak kembar yang meninggal saat masih bayi. Bateson dan Sumner bercerai pada tahun 1957, setelah Bateson menikahi istrinya yang ketiga, seorang dokter dan pekerja sosial Lois Cammack (lahir 1928), pada tahun 1961. Mereka memiliki satu anak perempuan, Nora Bateson (lahir 1969).

Pada tahun 1956 ia menjadi warga negara asli Amerika Serikat. Bateson adalah anggota William Irwin Thompson's Lindisfarne Association. Pada 1970-an, ia mengajar Psikologi Humanistik di sebuah Institute di San Francisco yang kemudian menjadi Saybrook University dan juga menjabat sebagai dosen dan anggota dari Kresge College di University of California, Santa Cruz. Dia terpilih sebagai anggota dari American Academy of Arts and Sciences di tahun 1976. Pada tahun 1978, Gubernur California Jerry Brown menunjuk Bateson sebagai anggota dewan dari University of California, di mana posisi dia menjabat sampai akhir hayatnya (meskipun ia mengundurkan diri dari komite Special Research Projects pada tahun 1979, karena bertentangan dengan kegiatan universitas dalam bidang senjata nuklir ). Dia meninggal pada Hari Kemerdekaan, 1980, pada usia 76, di Guest House of the San Francisco Zen Center.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Systems