Gregorius Palamas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gregorius Palamas


Gregorius Palamas dikenal sebagai seorang tokoh pengusung Teologi Hesikhasme.[1] "Hesikhasme" berasal dari kata bahasa Yunani hesykia yang berarti keheningan, kesepian, istirahat.[1] Ini adalah sebuah tradisi spiritual yang sudah ada sejak zaman gereja purba.[1] Tujuannya adalah untuk mencapai keheningan batin sehingga dapat tiba para perenungan akan Allah.[1] Gregorius Palamas lahir pada akhir abad ke-13.[1] Ia belajar untuk menjadi seorang rahib di sebuah pusat kebiaraan milik Gereja Ortodoks di Gunung Athos.[1] Kehidupan doanya berkembang di tempat ini karena ia belajar di bawah bimbingan para penganut Hesikhasme.[1] Greogorius terlibat perdebatannya dengan Barlaam, seorang rahib Ortodoks dari Italia Selatan yang tidak menyukai Hesikhasme.[1] Untuk melawan Barlaam, ia membuat karya tulis yang berjudul Triads in Defence of The Holy Hesychasts atau "Tiga Alasan Demi Membela Penganut Hesikhasme Yang Kudus".

Tujuan dari mistik yang didalami oleh Palamas adalah untuk mencapai teosis yaitu sebuah kehidupan yang dipenuhi dengan Yang Ilahi.[2] Palamas sependapat dengan tradisi lama dalam Teologi Ortodoks Timur bahwa dalam teosis tidak berarti manusia kemudian menjadi sama dengan hakikat Ilahi.[2] Bagi Gregorius jiwa manusia tidak dapat mendalami Allah tetapi Allah dapat dikenal melalui pengalaman.[1] Ia menegaskan bahwa ketika semua orang Kristen mengambil bagian dalam sakramen dan doa, itu adalah pengenalan sejati akan Allah.[1]

Gregorius mulanya tidak disenangi banyak orang.[1] Ia pernah diekskomunikasi oleh gereja tahun 1344.[1] Akan tetapi tahun 1347, ia diangkat menjadi uskup di Tesalonika oleh kaisar yang baru berkuasa.[1] Tahun 1351, Gregorius Palamas dibebaskan dari segala tuduhan dalam Konsili Oikumenis di Konstantinopel.[1] Gregorius meninggal dunia tahun 1359 dan ia dinyatakan sebagai Orang Kudus pada tahun 1368.[1]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k l m n o {id} Tony Lane. 2005. Runtut Pijar:Sejarah Pemikiran Kristiani. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Hal. 68,69.
  2. ^ a b {en} Dale T. Irvin, Scott W. Sunquist . 2001. History of The World Christian Movement, volume I: Earliest Christianity to 1453. New York: Orbis Books. Hlm. 498.