Gotenba, Shizuoka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gotenba
御殿場市
Lokasi
Negara Jepang
Wilayah Chubu, Tōkai
Prefektur Prefektur Shizuoka
Geografi
Luas 194,63 km²
Populasi (data 1 Oktober 2006)
     Penduduk 86.699
Lambang
Pohon Zelkova serrata
Bunga Sakura (Fujizakura)
Burung Turdus naumanni
Pemerintah kota Gotenba
Situs resmi: Kota Gotenba
Pemandangan Gunung Fuji dari kota Gotenba

Gotenba (御殿場市 Gotenba-shi?) atau Gotemba adalah kota yang terletak di bagian timur Prefektur Shizuoka, Jepang. Kota ini merupakan tempat perhentian bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Hakone dan Gunung Fuji. Berada di kaki di kaki Gunung Fuji, iklim kota Gotenba mengikuti iklim dataran tinggi, sejuk dengan curah hujan yang tinggi.

Kota ini berada pada ketinggian antara 250 hingga 600 m di atas permukaan laut. Kelembapan yang tinggi menyebabkan daerah ini sering berkabut. Salju lebih sering turun di kota Gotenba dibandingkan dengan kota-kota lain di Prefektur Shizuoka. Sebaliknya, di musim panas kota ini banyak dikunjungi wisatawan yang mencari kesejukan dan suhu malam hari tidak pernah melebihi 25℃.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kota ini terletak di sebelah timur Prefektur Shizuoka, di sebelah barat terdapat Gunung Fuji, sedangkan di bagian timur terdapat Gunung Hakone. Kota dibagi menjadi 3 bagian: wilayah kota di kaki Gunung Fuji, wilayah kota yang datar, dan wilayah kota di kaki Gunung Hakone.

Menurut perkiraan tahun 2003, jumlah penduduk sebanyak 85.050 orang, dan kepadatan penduduk 436,98 orang per km². Luas wilayah 194,63 km².

Kota ini didirikan tanggal 11 Februari 1955.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]