Gordon Moore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Gordon Earle Moore (lahir 3 Januari 1929; umur 85 tahun) adalah salah satu pendiri dan Chairman Emeritus dari Intel Corporation dan pencetus hukum Moore (ditulis pada artikel 19 April 1965 pada Electronics Magazine).

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Gordon Moore dilahirkan di San Francisco, California, tetapi ia dan keluarganya tinggal di Pescadero yang berlokasi tidak jauh dari San Fransisco dimana ia dibesarkan. Ia mendapatkan gelar B.S. untuk Kimia dari University of California, Berkeley pada 1950 dan gelar PhD untuk Kimia dan minor untuk Fisika dari California Institute of Technology (Caltech) pada 1954. Sebelum menuntut ilmunya di Berkeley, ia belajar selama 2 tahun di San José State University, dimana ia bertemu dengan ynag kemudian menjadi isterinya, Betty. Moore menyelesaikan pekerjaan post-doctoralnya di Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory pada 1956.[1]

Ia bergabung dengan lulusan Caltech William Shockley di divisi Shockley Semiconductor Laboratory dari Beckman Instruments, tapi kemudian meninggalkan perusahaan tersebut sebagai "delapan pengkhianat", ketika Sherman Fairchild setuju untuk mendukung mereka membentuk perusahaan Fairchild Semiconductor.

Pada 1968, Moore membentuk Intel Corporation dengan Bob Noyce dan menjabat sebagai Executive Vice President sampai 1975 ketika ia menjadi President. Pada 1979, Dr. Moore menjadi Chairman of the Board dan Chief Executive Officer hingga April 1987, ketika ia beralih menjadi Chairman of the Board. Ia digelari Chairman Emeritus of Intel Corporation pada 1997.

Moore telah menjadi anggota dari Board of Directors dari Gilead Sciences sejak 1996, setelah menjabat sebagai anggota Business Advisory Board dari perusahaan tersebut dari 1991 sampai 1996.[2]

Pada 2001, Moore dan isterinya mendonasikan $600 miliar kepada Caltech, donasi terbesar yang pernah ada untuk institusi pendidikan tinggi. Alasannya untuk donasi tersebut adalah untuk mendukung Caltech agar tetap memimpin teknologi dan ilmu pengetahuan. Moore adalah chairman dari Caltech's board of trustees sejak 1994 hingga 2000, hingga saat ini. Pada tahun 2002, ia menerima Bower Award untuk Business Leadership. Pada 2003, ia dipilih sebagai Fellow dari American Association for the Advancement of Science.

Perpustakaan di Centre for Mathematical Sciences pada University of Cambridge diberikan nama untuk namanya dan isterinya, Betty, sebagaimana juga the Moore Laboratories building pada Caltech.

Bersama dengan isterinya, ia mendonasikan hartanya pada Gordon and Betty Moore Foundation.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1][pranala nonaktif]
  2. ^ "Gilead – Investor Relations – Biography". Investors.gilead.com. Diakses July 11, 2011.